BARABAI – Disaksikan oleh tokoh agama dan masyarakat yang ada di desa Danggung kecamatan Barabai kabupaten Hulu Sungai Tengah, Laison Officer TNI AU Kodam VI/Mulawarman, Kolonel Pnb. Rudy Iskandar   didampingi Bupati HST H. Harun Nurasid melakukan peresmian rumah tidak layak huni yang sudah dibedah  dalam Kegiatan TMMD ke 92 Kodim 1002/Barabai  yang bekerjasama dengan pemerintah daerah HST dan para personel TNI POLRI serta masyarakat dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam membangun desa yang lebih baik lagi. Rabu (21/5)
Peresmian rumah milik Maimunah salah satu warga desa Ayuang yang sudah direhabilitasi ini juga didampingi oleh Dandim 1002 Barabai Letkol Inf Sulaiman Aminuddin, Kapolres HST AKBP Iwan Sonjaya dan Danyon 621 Manuntung Letkol Inf. Wahyu Dili Yudha Irawan.
Sebelumnya, Bupati HST menyampaikan Pembangunan desa merupakan bagian integral dari pembangunan daerah maupun nasional, serta mempunyai arti strategis. Sehingga keberhasilan pembangunan desa juga berarti terwujudnya pembangunan berbagai sector.
“Berbagai upaya telah dilaksanakan pemerintah agar pemerataan pembangunan bisa dirasakan oleh segenap rakyat, namun karena luasnya wilayah serta terbatasnya kemampuan dana pemerintah, maka masih ada daerah atau desa yang belum terbangun sesuai harapan masyarakat setempat,” katanya
Menurutnya,  kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) akan mempercepat pembangunan diperdesaan. “Hal ini bukti kepedulian TNI untuk meningkatkan akselarasi pembangunan dan ekonomi masyarakat secara terpadu, terutama pada sasaran yang belum tersentuh atau tertangani oleh pemerintah,” tambahnya.
Dandim 1002 Barabai Letkol Inf Sulaiman Aminuddin menuturkan kegiatan TMMDini diharapkan mampu membantu jalannya roda pemerintahan dalam membangun daerah. Ia Menuturkan TMMD kali ini akan mencakup kegiatan fisik seperti pembangunan Talud jalan sepanjang1990 meter, pengurukan jalan  pedesaan sepanjang 995 meter, perbaikan rumah tidak layak huni sebanyak 8 unit, dan sebagainya.
“Adapun kegiatan non fisik mencakup pelatihan pertanian dan perkebunan dan penyuluhan tentang bahaya narkoba kepada masyarakat dan pelajar, dan kami juga mendapat dana bantuan dari Pemkab HST sebesar 1,5 milyar rupiah untuk kegaitan ini” terangnya. AdvHumHST