TANJUNG – Dengan hikmah puasa Ramadan, Nuzulul Qur’an dan Idul Fitri tahun 1435 H 2014 M “Kita mantapkan iman dan taqwa serta komunikasi sosial prajurit TNI dengan rakyat guna memperkokoh persatuan dan kesatuan. Itulah tema dalam kegiatan buka puasa bersama di Kodim 1008 Tanjung dengan masyrakat pada Rabu (16/07) bertepatan hari ke 18 dilaksanakannya ibadah rukun Islam ketiga bagi umat Islam di kabupaten Tabalong khususnya.
 Buka puasa bersama prajurit TNI di jajaran Kodim 1008 Tanjung, KBT, Prajurit 621 Hikun juga dihadiri Kapolres Tabalong, Ketua DPRD, sekda beserta unsur FKPD, Perwakilan SKPD-SKPD dan Pimpinan perusahaan dengan menghadirkan penceramah Ustadz H.Nazibul Khairani.
Komandan Kodim 1008 Tanjung Letnan Kolonel Inf Bambang Herqutanto dalam sambutannya mengatakan buka puasa bersama sekaligus peringatan Nuzulul Qur’an, kita semua tentunya perlu bersyukur kepada Allah SWT dimana dalam situasi di daerah kita telah melewati masa pelaksanaan pemilihan Presiden yang telah sampai kepada masa penetapan oleh KPUD dan diharapkan juga bisa berjalan dengan lancar, dan momen buka puasa bersama serta peringatan Nuzulul Qur’an diharapkan bisa memantapkan keimanan semua. 
Tak lupa Komandan Kodim 1008 Tanjung menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua yang hadir dalam kegiatan tersebut.
 Sementara itu Ustadz H.Nazibul Khairani dalam tausiyahnya mengangkat tema keutamaan Alqur’an, dijelaskannya sebagaimana kitab yang wajib kita imani adalah 4 kitab yaitu Taurat, Zabur, Injil dan Qur’an yang kesemuanya itu diturunkan Allah SWT dalam bulan Ramadan, dan didalam riwayat, kitab Taurat yang diturunkan kepada Nabi Musa pada hari ke 6 bulan Ramadan, kemudian kitab Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa pada hari ke 13 sedangkan Alqur’an di Indonesia diyakini diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW pada 17 Ramadan.
Walaupun ada beberapa riwayat yang menyatakan turunnya Alqur’an pada 21 Ramadan, 23 Ramadan, yaitu bertepatan dengan malam Lailatul Qadar jadi kita tidak perlu mempertentangkan tentang Nuzulul Qur’an, mengingat ayat Alqur’an yang pertama diturunkan pada bulan Ramadan sebagaimana Firman Allah SWT dimana pada bulan Ramadan itu diturunkan Alqur’an, hakikatnya tidak ada satupun di dunia bacaan satu hurufnya bernilai ibadah, kecuali Alqur’an.
Sebagaimana hadist Nabi yang artinya siapa yang membaca satu huruf daripada Alqur’an, maka baginya akan mendapat satu kebaikan setiap satu kebaikan akan digandakan Allah menjadi sepuluh kali lipat bagi yang membaca tidak berwudhu.
Bagi yang berwudhu membacanya setiap huruf akan dilipatgandakan menjadi dua puluh lima kali lipat, kalau dalam shalat digandakan satu huruf Alqur’an menjadi seratus kali lipat dan di bulan Ramadan akan digandakan Allah tiap huruf menjadi seribu kali lipat kebaikan.
Bagi yang khatam Alqur’an, maka malaikat yang jumlahnya enam puluh ribu akan memintakan rahmat kepada Allah SWT setiap satu kali kita menghatamkan Alqur’an sebagaimana sabda Rasulullah SAW jelas Ustadz H.Nazibul Khairani. Kegiatan buka puasa bersama itu dilanjutkan dengan shalat Maghrib berjamaah. (Metro7/Via)