TANJUNG — Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Tabalong melaksanakan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tatanan rumah tangga di Gedung Juang ‘45 Tanjung, Senin (29/6/2012) lalu, diikuti sebanyak 60 peserta terdiri dari ibu-ibu pengurus TP PKK Kabupaten, Kecamatan dan Pengurus Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tabalong.
Pertemuan dan sosialisasi dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Tabalong Ny Hj Harsiah Darwin Awi. Hadir dalam acara itu staf dan panitia Dinas Kesehatan maupun PKK dan Dharma Wanita Kabupaten Tabalong. Sebagai narasumber adalah Kepala Bidang Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan M Aris SKM MKes dan Kepala Seksi Penyuluhan Kesehatan HM Kursani Effendi SKep.
Dalam kerangka acuannya, HM Kursani Effendi SKep memaparkan, kesehatan merupakan hak asasi manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia. Berkaitan dengan hal tersebut, UU RI No: 36 tahun 2009 tentang Kesehatan menyatakan bahwa derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya dicapai melalui penyelenggaraan pembangunan kesehatan.
PHBS adalah sekumpulan perilaku yang dipraktekkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, yang menjadikan seseorang, keluarga, kelompok atau masyarakat mampu menolong dirinya sendiri (mandiri) di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan dan meningkatkan status kesehatan masyarakat. Gerakan perilaku PHBS telah digulirkan oleh Kementerian Kesehatan sejak tahun 90an dengan berbagai indikator yang telah disepakati, guna memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia.
Pencapaian indikator PHBS hingga saat ini masih belum memuaskan semua pihak, meskipun berbagai upaya telah dilakukan, baik di tingkat pusat, propinsi, kabupaten hingga tingkat kecamatan dan desa-desa. PHBS sangat sejalan dengan tujuan gerakan PKK, sebagai gerakan pembangunan yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat yang kegiatannya fokus pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat seperti tertuang dalam 10 Program Pokok PKK. Untuk bidang kesehatan dilaksanakan oleh Pokja 4 sebagaimana tujuan khusus tersosialisasinya program PHBS melalui TP PKK dan Dharma Wanita Kabupaten Tabalong.
Terlaksananya PHBS mencakup: persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberikan ASI ekslusif, menimbang Balita setiap bulan, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, pengelolaan air minum dan makan di rumah tangga, menggunakan jamban sehat, pengelolaan limbah cair di rumah tangga, membuang sampah di tempatnya, memberantas jentik nyamuk, makan buah dan sayuran setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari dan tidak merokok di dalam rumah. Metro7/Via