BATULICIN, metro7.co.id — Kabupaten Tanah Bumbu berada diurutan kedua tingkat pengangguran terbuka (TPT) tertinggi di Kalimantan Selatan setelah Banjarmasin. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) per Agustus 2023, TPT di Tanah Bumbu adalah 6,56 persen.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Tanah Bumbu Kadri Mandar mengatakan hal itu ketika berkunjung ke Radio Swara Bersujud (RSB), sebelum melaksanakan kegiatan Talkshow di radio pemilik pemerintah setempat.

Mengacu data Badan Pusat Statistik (BPS) per Agustus 2023 lalu, TPT Banjarmasin berada di angka 6,70 persen.

Sementara itu, jumlah pengangguran di Kalimantan Selatan per Agustus 2023 adalah 93.576 orang.

Dalam ketenagakerjaan, menurut Kadri Mandar, khususnya tenaga kerja lokal merupakan prioritas kita, dan apalagi saat ini pemerintah daerah memiliki Perda Ketenagakerjaan walaupun secara eksplisit belum ada prosentase antara lokal dan non lokal.

Namun secara persuasif Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi melakukan koordinasi dengan pihak-pihak pelaku usaha pertambangan maupun perkebunan dan lain-lain.

“Kepada pelaku usaha kita tegaskan, dalam perekrutan memprioritaskan tenaga lokal, putra-putri daerah,” ungkap Kadri Mandar.

Seraya menambahkan, secara keseluruhan 10.500 sekian dari angkatan kerja di Tanah Bumbu sekitar 167 ribu. Jadi yang tidak bisa bekerja ribuan orang.