TANJUNG, metro7.co.id – Kabupaten Tabalong pada tahun 2023 berhasil menuntaskan desa tertinggal, yang tahun sebelumnya masih tersisa dua desa.

Diketahui saat ini kategori desa yang ada di tabalong tersebut berstatus mandiri untuk 41 desa, 72 desa kategori maju dan 8 desa berkembang.

“Alhamdulillah di tahun 2023 ini desa tertinggal sudah habis, sudah tidak ada lagi,” ujar Kabid Pemerintahan Desa Dinas PMD Tabalong, Aidy Risyawal, Rabu (12/8/2023) di ruang kerjanya.

Adapun untuk kategori desa menurut Kementerian Desa (Kemendes) ia mengatakan ada 5 kategori, yaitu desa sangat tertinggal, tertinggal, berkembang, maju dan mandiri.

Menurutnya ini merupakan salahsatu penilaian yang dilakukan oleh Kemendes yang berkaitan dengan tingkat perkembangan desa.

“Indikator penilaian ada tiga komponen menjadi indikator pertama, yakni indeks ketahanan sosial, ekonomi dan lingkungan,” jelasnya.

Lanjut Aidy, pihak desa juga harus mengisi sekitar 1.000 pertanyaan melalui website online dari Kementerian Desa.

“Setelah pertanyaan itu diisi maka akan divalidasi secara berjenjang mulai dari Kecamatan, Kabupaten hingga tingkat Provinsi,” pungkasnya. ***