TANAH BUMBU, metro7.co.id – Menjelang pelaksanaan ujian sekolah dalam masa Covid-19, para kepala Sekolah yang tergabung dalam musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Tanah Bumbu melakukan pertemuan untuk menyatukan visi.

Pertemuan yang berlangsung di ruang pertemuan RM. Wong Solo, Rabu (10/21) itu dihadiri oleh Ketua MKKS, Sekretaris MKKS, Perwakilan penerbit buku PT. Airlangga dan 19 Kepala Sekolah SMK yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

Dalam penyampaiannya, Ketua MKKS SMK Kabupaten Tanah Bumbu, Ribut Giyono mengungkapkan bahwa pertemuan yang dilakukan oleh para kepala sekolah SMK yang tergabung dalam MKKS ini rutin dilakukan.

Namun kali ini pertemuan lebih khusus untuk membicarakan tentang kesiapan para lembaga sekolah dalam menghadapi pelaksanaan ujian sekolah dan uji kompetensi keahlian(UKK).

“Pertemuan hari ini khusus menyamakan persepsi agar bapak ibu kepala sekolah di sekolah masing-masing bisa menyiapkan diri,“ ujarnya, Rabu (10/02/2021).

Dia juga mengatakan dalam pemaparannya, akan mengutamakan keselamatan dan kesehatan peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari Covid-19 sesuai dengan surat edaran Mendikbud nomor 1 Tahun 2021.

“Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan tahun 2021 ditiadakan, karena Ujian Nasional tidak menjadi syarat kelulusan atau pun seleksi masuk ke jenjang perguruan tinggi,” katanya

Dengan ditiadakannya UN dan Ujian Kesetaraan, dia mengatakan ada syarat kelulusan bagi siswa tingkat akhir antara lain :

Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan atau program pendidikan setelah menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester.

Peserta didik juga memperoleh nilai sikap atau perilaku minimal baik dan peserta didik mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.****