Walikota Palangkaraya, HM Riban Satia, mengaku terkesan dengan kerukunan yang terjalin antar sesama warga asal Kabupaten HST yang tinggal di wilayah itu, yang disebutkannya bisa bersatu dan selalu mendukung dirinya dan program kerja yang di canangkan oleh Pemkot Palangkaraya. Sehingga HM Riban Satia pun memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Kerukunan Warga HST (KWHST) ini dan mempersilahkan untuk melaksanakan kegiatan tersebut di aula rumah jabatan Jalan Pangeran Diponegoro Palangka Raya Kalimantan Tengah yang merupakan juga rumah masyarakat.
Hal itu diungkapkan oleh Pembina KWHST ini saat menyerahkan bantuan mobil ambulan bagi KWHST, Sabtu (1/9/2012) lalu kepada Ketua Pengurus KWHST Palangkaraya, H Mazrur Amberi disaksikan seluruh undangan yang hadir dalam acara Halal bil Halal tersebut.
Menurut Walikota yang juga memiliki garis keturunan warga Barabai ini, penyerahan mobil ambulan tersebut tidak lain adalah untuk meringankan beban warganya. Terlebih warga HST yang ada di kota Palangkaraya yang tergabung dalam KWHST, apabila mereka mendapat musibah seperti sakit terlebih meninggal dunia, maka tidak sulit lagi untuk berkoordinasi dengan pihak pengurus.
”Semoga hadiah mobil ambulan ini bermanfaat untuk menolong sesama warga terutama warga HST di perantauan yang mengalami kesulitan dalam hal sakit dan terlebih mengalami musibah meninggal dunia,” ujarnya.
Sebelum mengakhiri sambutannya, HM Riban menjelaskan tentang kondisi geografis kota Palangkaraya yang penduduknya heterogen dengan bermacam agama, suku dan ras, di mana hampir 300 ribu jiwa jumlahnya, mayoritas penduduknya 75 persen muslim. Dari warga muslim tersebut terdapat 70 persen adalah merupakan warga Kalimantan Selatan yang mungki di dalamnya merupakan warga Barabai HST, selebihnya adalah warga pribumi, suku Jawa, Sumatera dan lainnya.
Dari HST yang hadir mewakili Bupati H Harun Nurasid adalah Asisten Bidang Pemerintahan Setda HST H Hadriansyah didampingi Kabag Kesra Setda HST dan lainnya. Sementara dari Provinsi Kalsel sendiri turut hadir para tokoh alim ulama dan tokoh masyarakat, dan tokoh dari kerukunan warga lainnya yang punya ikatan kekerabatan dengan warga HST, terutama yang tergabung dalam KWHST.
Sementara para undangan yang tampak hadir memenuhi ruangan tempat dilaksanakannya acara halal bil halal ini, warga masyarakat HST yang sebagian ada juga yang sudah lama tidak bertemu, sehingga tampak akrab bercerita melepaskan kerinduan mereka. advhst