TANJUNG, metro7.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tabalong mengggelar kegiatan Workshop Wajah Baru Posyandu, Rabu (28/8)di Aula Dinkes Tabalong. Pertemuan Kegiatan Kesehatan Keluarga dan Gizi Tingkat Kabupaten Tabalong ini menghadirkan narasumber Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tabalong, H Muhammad Noor Rifani. Peserta pertemuan adalah para bidan desa/kelurahan se-Kabupaten Tabalong.

Dalam kesempatan ini Kadiskominfo Haji Fani, menyampaikan materi tentang Digitalisasi Kesehatan dalam Upaya Meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Plt Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, Pebriadin Hapiz mengatakan, kegiatan itu, dilaksanakan dalam rangka mengumpulkan para bidan desa se Kabupaten Tabalong yang kaitannya dengan tugas-tugas pelayanan dasar di desa. Dalam kegiatan ini para bidan diberi tambahan pengetahuan terkait tentang tumbuh kembang anak, tentang penanganan stunting, pelaksanaan imunisasi polio dan ada tambahan kegiatan dengan digitalisasi pelayanan kesehatan di tingkat desa.

“Jadi dalam kegiatan tersebut kami mengundang dari Dinas Kominfo Tabalong untuk memberikan penjelasan tentang digitalisasi tersebut mengingat para bidan berharap bahwa memang di Posyandu kiranya bisa diberikan pelayanan internet Wifi gratis,”

Disamping ada juga keluhan-keluhan para bidan yang mereka sampaikan terkait tentang infrastruktur di Posyandu yang masih harus dibenahi, begitu juga jalan-jalan akses menuju desa yang membuat para bidan sulit dalam hal pelayanan terutama akses jalan desa yang berada di desa terluar seperti Hegar Manah, Dambung, Salikung dan Kumap.

Dengan diberikan kesempatan kepada para bidan desa untuk mengikuti kegiatan ini diharapkan mereka paham dan lebih memahami pelaksanaan tugasnya. “Mereka bisa meningkatkan kemampuan diri, apa-apa yang menjadi kekurangan-kekurangan kita coba sambil benahi dengan menyerap aspirasi mereka, terkait tentang peningkatan pengetahuan dan hal-hal yang lain,” tukasnya. ***