BATULICIN, metro7.co.id — Bupati Tanah Bumbu atau yang dikenal Abah Zairullah Azhar pengasuh Istana Anak Yatim itu, mewisuda sebanyak 27 santri tahfizul Quran Istana Anak Yatim (IAY) Darul Azhar Bersujud, di Batulicin, Jumat (3/3/2023) malam.

Dari 27 santri, diantaranya 9 putri dan 18 putra yang sudah dinyatakan hafal Juz 30.

Acara itu juga sekaligus dilaksanakan kegiatan rutin pengarahan santri, bertempat di pendopo IAY Darul Azhar Bersujud Simpang Empat.

Mauizatul hasanah (Nasehat yang baik) disampaikan oleh Guru Hidayatullah, salah satunya tentang ciri-ciri hari kiamat dan fadilah bulan Syaban.

Malam Nisfu Syaban merupakan kesempatan untuk meminta ampunan (Pemaafan), kecuali bagi orang yang bermusuh-musuhan.

“Semoga kita dibangkitkan dengan wajah yang gembira pada hari kiamat, berkat doa para anak-anak yatim, dan mendoakan mereka agar beruntung dunia dan akhirat,” harap Guru Hidayatullah.

Abah Zairullah dalam sambutannya mengatakan, semakin yakin dan mantap dalam setiap langkah perjuangan membangun generasi Quran. “Bahkan inilah yang menjadi hal yang patut disyukuri,” ungkapnya.

Dibalik psikologi anak yang kehilangan sosok orang tuanya, diharapkan kedepan mereka bisa menatap masa depan yang cerah.

Sebab itu Abah Zairullah menginginkan, generasi yang tidak patah arang dengan terus semangat belajar. “Sebagaimana kunci kesuksesan dunia dan akhirat adalah ilmu,” ujarnya.

Jika ingin berhasil di dunia maupun di akhirat, maka pegang ilmu (jadilah orang berilmu), khususnya berusahalah dan berlombalah menjadi penghafal Al-Quran.

Kegiatan ditutup dengan penyerahaan penghargaan dan hadiah, atas kemajuan bidang pendidikan santri dan santriwati IAY Darul Azhar Besujud, yang telah berprestasi dalam ujian akhir tahun 2022/2023, dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah sampai Madrasah Aliyah, serta penghargaan Bintang Pelajar.

Kegiatan itu dihadiri Komite Tim Percepatan Pembangunan Daerah Tanah Bumbu, para Pejabat, Tokoh Agama, Guru Agama, Tokoh Masyarakat, Keluarga Besar IAY Darul Azhar Besujud dan tamu undangan lainnya. *