AMUNTAI, metro7.co.id – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Zakly Asswan menyebut narkoba menjadi ancaman serius karena dapat merusak sendi-sendi kehidupan bangsa.

Apabila tidak ditangani dengan benar maka akan mengancam eksistensi bangsa dan negara. Tentunya untuk menangani permasalahan narkoba diperlukan sinergitas seluruh elemen bangsa, salah satunya para generasi muda.

Karena generasi muda merupakan penggerak pembangunan dalam mewujudkan Indonesia yang makmur dan sejahtera.

“Generasi muda harus dilibatkan dalam mengkampanyekan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap narkotika (P4GN),” ujar Zakly saat menyampaikan sambutannya di Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2024 di Aula DR KH Idham Chalid Amuntai, baru-baru ini.

Sementara Kepala BNNK HSU Agus Rahmadi menyebut, BNN sebagai leading sector dalam penanganan masalah narkotika mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut serta dalam penanggulangan permasalahan ini.

Adapun upaya menangulangi permasalahan ini BNN mengatur empat strategi komprehensif, meliputi soft power approach, hard power approach, smart power approach, dan cooperation, baik lingkup domestik, nasional, maupun internasional.

Tak kalah terpenting dalam menanggulangi masalah narkotika ini iyalah dengan menyiapkan dan membentengi Sumber Daya Manusia (SDM) sejak dini.

“Siapkan generasi muda yang tangguh sehingga mereka terhindar dari permasalahan narkoba,” katanya.