TAMIANG LAYANG – Perjuangan bagi setiap insan manusia dalam menggapai cita-cita tidaklah mudah, bahkan berbagai tantangan rintangan harus dihadapi. Namun, semua itu kemauan kesabaran dan tekad yang keras untuk menggapai cita-cita itu niscaya akan mencapai keberhasilan bagi seseorang tersebut.
Hal itulah yang dikatakan kepala Desa Bararawa Kecamatan Pematang Karau Kabupaten Bartim, Salapudin terkait banyak hal yang telah dibangunnya untuk kepentingan masyarakatnya.
Sejak dilantik pada bulan Agustus 2011 sebagai Kepala Desa Bararawa, target pertama yang harus dilaksanakanyan adalah rehap kantor Desa agar pelayanan pun bisa jalan dan maksimal, setelah itu pada tahun kedua dan ketiga 2012-2014, dia pun fokus untuk membangunan Desa Bararawa agar lebih maju lagi.
“Kebetulan waktu itu dalam menunjang pembangunan Desa, ada program PNPM dari Pemerintah pusat, yaitu program dari Presiden SBY, maka program tersebut pun kami manfaatkan untuk kepembangunan infrastruktur jalan usaha tani yang ada di Desanya, agar masyarakat dengan mudah untuk menggangkut hasil kebun dan pertanian mereka,”ungkap Kades Bararawa Salapudin.
Dia juga menambahkan, setelah adanya undang-undang tentang Desa, yaitu nomor 6 tahun 2014 dari Presiden Ir. Joko Widodo, tentang anggaran dana Desa yang diperuntukan untuk pembangunan Desa yang dirancang oleh Desa dan dilaksanakan oleh pihak Desa sendiri, melalui kucuran DD dari APBN Pusat dan ADD dari APBD Kabupaten Bartim.
“Maka dari itu pihaknya telah merancang serta melaksanakan segala bentuk pembangunan yang ada di Desa mereka serta pemberdayaan dan peningkatan lainnya yang tertuang dalam APBDES,”jelasnya. (metro7/all)