KOTABARU, metro7.co.id – Lomba Perahu Katir atau Katir Race tahun 2020 dilombakan di Pulau Laut Kerayaan, Kecamatan Pulau Laut Kepulauan. Katir race disamping melestarikan budaya juga untuk menarik wisatawan dari luar.

Bupati Kotabaru Sayed Jafar bersama sang istri Fatma Idiana turut menyaksikan Katir Race ini, Sabtu (22/8).

Bupati pun menyatakan mendukung lomba perahu katir yang diselenggarakan setiap tahun.

“Perlu kita dukung acara ini, karena salah satunya merupakan pelestarian sejarah nenek moyang jaman dulu. Jangan sampai anak-anak kita nantinya tidak tahu asal muasal lomba katir ini,” ujar Sayed Jafar.

Lomba perahu katir kata bupati di Kalsel hanya ada di Kotabaru, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dari luar untuk berkunjung Bumi Saijaan julukan Kotabaru.

“Dengan demikian, agro bisnisnya bisa tersentuh, sehingga kesejahteraan masyarakat akan meningkat,” tuturnya.

Katir race yang dihelat masih dalam rangka memperingati HUT RI ke 75 ini, diikuti 18 peserta dari 2 kategori, yakni kategori perahu katir besar sebanyak 11 peserta dan kategori perahu katir kecil sebanyak 7 peserta.

Untuk rute, start dari Pulau Kerayaan kemudian mengelilingi Pulau Kerasian dan finish kembali di Pulau Kerayaan.

Ketua panitia, Hamdi mengatakan, yang melatar belakangi pelaksanaan lomba adalah salah satu bentuk penghormatan kepada nenek moyang pada zaman dahulu, dengan menggunakan perahu layar (katir) merantau ke Pulau Kerayaan.

Selain itu, pelaksanaan juga selaras dengan misi dan visi bupati yang salah satunya untuk memajukan sektor pariwisata.

Dikarenakan pandemi tahun ini pemdes akhirnya secara swadaya agar perhelatan ini tetap terlaksana.

“Jadi untuk tetap berjalannya lomba katir perahu ini, kami menggunakan dana dari swadaya masyarakat dan sumbangan camat serta perusahaan,” beber Hamidi.

Disamping lomba, sekaligus pula dirangkai dengan penyerahan beberapa bantuan sosial, seperti bantuan untuk lanjut usia, disabilitas, dan rehab rumah, serta penyerahan bantuan 1 unit mobil ambulan dan bantuan dana tambahan lomba perahu katir dari pribadi bupati. *