WAY KANAN, metro7.co.id – Bupati Way Kanan, H Raden Adipati Surya, menghadiri peresmian minimarket CNS Mart dan peletakkan batu pertama pembangunan sentral UKM CNS Negara Batin, Senin (5/4/2021) di Dusun 04, Kampung Negara Batin, Kecamatan Negara Batin.

Pada Kesempatan itu, H Raden Adipati Surya mengatakan, usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan pilar penyangga kekuatan perekonomian negara. Data dari Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia menunjukkan bahwa UMKM memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) dan mampu menyerap tenaga kerja yang sangat banyak.

Pandemi covid-19 mengakibatkan kegiatan UMKM mengalami penurunan signifikan. Kata Raden, Permasalahan utama yang banyak dikeluhkan pelaku UMKM adalah penurunan omzet. Bahkan, ada yang gulung tikar atau merumahkan sebagian pegawai atau karyawan hanya untuk bertahan.

Raden berharap, UMKM tetap produktif dan mampu memasarkan produknya meski kondisi masih sangat sulit, walaupun harus merubah kegiatannya menjadi work from home (WFH).

“Banyak kegiatan yang harus berjalan secara tidak biasa/normal, namun ternyata ada beberapa usaha yang justru mengambil peluang dan meraup keuntungan di tengah pandemi. Sehingga UMKM tetap mampu menjadi kekuatan penyangga ekonomi nasional dan sebagai tulang punggung dalam menggerakkan ekonomi di negara kita secara dinamis,” jelas Raden Adipati Surya.[]