Desa Membangun Negeri
Jumat, 30 Jul 2021 10:35 WIB

Dana Bumdes Harazaki Dipermasalahkan, Pengurus Menanggapinya

Reporter :  Regueli Gulo - Kab.Nias Barat, Sumatera Utara
Editor :  Koran Metro7

 

NIAS BARAT, metro7.co.id – Ketua Bumdes Harazaki Desa Togimbogi memberikan keterangan terkait penanganan Dana Bumdes, Selasa (27/07/2021).

Berdasarkan laporan dari beberapa masyarakat bahwa Kepala Desa Togimbogi telah meminjamkan dana Bumdes kepada Pamsimas sebesar Rp. 15 Juta. Atas laporan ini, Kades dan Pengurus Bumdes Harazaki serta pengawas kegiatan Bumdes memberikan keterangan bahwa, dana tersebut bukan di perpinjamkan oleh Kades melainkan untuk menalangi sementara swadaya masyarakat dalam program kegiatan pamsimas tahun 2018.

Anehnya lagi, dari beberapa pelapor tersebut, ternyata mereka masih mempunyai sangkutan atas pinjaman yang telah mereka ambil dari dana Bumdes Harazaki, hingga saat ini, sangkutan mereka itu masih belum terlunaskan. Selain itu, Kepala Desa juga, sudah dua kali menyurati Bendahara Bumdes Harazaki agar segera membuat Rekening Bumdes, namun Bendahara nya tidak mengindahkanya.

Kades Togimbogi Fanolo Hia menerangkan bahwa, Dana Bumdes Harazaki yang Rp.15 Juta itu, bukan ia perpinjamkan kepada pamsimas melainkan digunakan untuk menalangi beban swadaya masyaraat pada pengadaan kegiatan pamsimas. “Uang itu akan kami kembalikan lagi,” jelasnya.

Halaman: 1 2 3

 
CLOSE
block id 11401 site metro7.co.id1 - PC 800x220px 4x1_ Mob 414x400px 2x2
Lewat ke baris perkakas