oleh

Dana Desa Belum Cair, Desa Bararawa Masih Puasa Anggaran

TAMIANG LAYANG – Alokasi Dana Desa (ADD) tahap I Desa Bararawa Kecamatan Pematang Karau Kabupaten Barito Timur Kalimantan Tengah sudah cair/keluar.

“Iya betul dana ADD tahap I 20 persen Desa Bararawa sudah cair, dan uangnya untuk membayar honor perangkat desa dan BPD serta gajih saya selama tiga bulan,” kata M Syarkawi selaku Kades Bararawa, Rabu.

Dirinya mengatakan, ADD tahap 1 20 persen tersebut hanya bisa membayar insentif perangkat desa dan BPD saja tidak ada untuk melaksanakan kegiatan pemberdayaan dan pembangunan.

“Ya ADD yang keluar cuman tahap 1 cuman 20 persen, cukup membayar honor perangkat desa dan BPD saja. Itupun hanya 3 bulan bisa dibayarkan padahal ini sudah bulan Juni.” Jelas Kades.

Dirinya mengatakan, seharusnya pemerintah yang berwenang juga bisa mencairkan Dana Desa (DD) tahap 1 20 persen. Namun kenyataanya DD sampai sekarang belum juga keluar. Padahal melalui DD 20 persen tersebut untuk membangun berbagai pembangunan dan membayar kegiatan TP – PKK dan Honor guru TK dan sebagainya.

“Saya berharap kepada pemerintah agar kiranya bisa secepatnya mencairkan DD tahap 1, sehingga kita bisa membayar honor mereka dan menjalankan program melalui hasil rapat bersama warga waktu lalu. Kalau dana tersebut belum cair, ya kita mau apa,” harap Syarkawi. (metro7/budi).