oleh

DAS Kritis, Kesatuan Pengelola Hutan Kusan Tanam 300 Bibit Pohon

BATULICIN – Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Kusan, menanam 300 bibit pohon jengkol dan trembesi di kawasan objek wisata goa liang bangkai, yang berada di Kecamatan Mantewe Kabupaten Tanah Bumbu.

Kepala Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Kusan, Safriani dalam laporannya menyampaikan, penanaman pohon serentak se kalsel ini merupakan salah satu upaya mendukung program strategis Nasional dan juga upaya menggalakkan gerakan Revolusi hijau Pemprov Kalimantan Selatan.

” Hari ini yang kita lakukan hanya sebagian kecil dari terget kita, ada ribuan bibit pohon yang akan ditanam khususnya di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang sebagian kondisinya kritis,”ungkapnya, Jum’at (25/10/2019)

Penanaman pohon dilokasi wisata alam gua Liang Bangkai tersebut dihadiri Asisten I Pemkab Tanbu, Mariani,didampingi sejumlah Kepala SKPD, Ketua TP PKK Tanbu dan anggota serta perwakilan Forkopimda dan dikuti juga oleh pelajar, pramuka serta masyarakat.

Dalam sambutan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor yang dibacakan Asisten I Pemkab Tanbu mengatakan, penananam bibit pohon merupakan program revolusi hijau yang telah menjadi program berkelanjutan pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang tertuang dalam Perda No 7 Tahun 2018 tentang gerakan revolusi hijau sebagai upaya untuk mengurangi luasan lahan kritis di Kalimantan Selatan.

“Pengelolaan dan pemanfaatan Sumber Daya Alam harus diikuti dengan upaya menjaga kelestarian dan ekosistem Daerah Aliran Sungai (DAS),” ujar Gubernur.

Gubernur juga menjelaskan dalam sambutannya, keberhasilan program ini tak terlepas dari dukungan seluruh pihak baik Pemerintah daerah, dunia usaha, LSM, aktifis lingkungan hidup dan masyarakat. (metro7/khairil)