oleh

Datang ke TPS Dapat Door Prize

MARABAHAN  – Bupati Batola H Hasanuddin Murad menghendaki agar dalam kegiatan pemilihan gubernur dan wakil gubernur nanti, tingkat partisipasi masyarakat pemilih yang ada di Bumi Ije Jela bisa meningkat.
Salah satu caranya dengan membuat beberapa kegiatan yang dapat menarik minat masyarakat untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat itu harus ada inovasi.
Selama tidak bertentangan dengan aturan, inovasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih itu bisa dilaksanakan. “Misalnya, di TPS masyarakat yang datang kita berikan door prize,” ujarnya, saat memimpin rapat bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Tingkat Kabupaten Batola, di Ruang Rapat Kantor Bupati Batola, Jumat (7/8) belum lama tadi.
Dalam kegiatan yang dihadiri Wakil Bupati Batola H Ma’mun Kaderi,  dan para Komisioner KPU Batola itu, Hasanuddin juga mengatakan, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilgub nanti adalah tugas semua pihak. Dan memilih itu, jelasnya lagi, adalah hak mendasar setiap warga negara yang sudah cukup usia untuk memilih.
“Negara Republik Indonesia itu bersifat demokrasi yang memberikan ruang kepada masyarakatnya untuk memilih. Jadi harapan saya gunakan hak masing-masing dalam pemilihan nanti,” jelasnya.
Sementara itu, kepala Badan Kesbangpolimas Kabupaten Batola Drs Nooripani dalam kesempatan itu juga menjelaskan, bahwa saat ini sudah ada beberapa kegiatan yang diupayakan jajaran Pemkab Batola dalam mempersiapkan Pilgub dan Pilwagub nanti.
“Kita melakukan sosialisasi dengan harapan agar ada pemahaman dari masyarakat sehingga pada hari H-nya nanti bisa berpartisipasi dalam pemilihan,” katanya.
Lebih jauh Nooripani mengatakan, sosialisasi yang dilakukan jajaranya itu dilakukan dengan beberapa cara, satudiantaranya dengan memasang spanduk berisi himbauan agar masyarakat sadar dengan hak pilihnya.
Sedangkan kepala Panwaslu Kabupaten Batola yang juga hadir dalam rapat tersebut berharap pada hari pemilihan nanti hendaknya Pemkab Batola bisa mengeluarkan edaran agar para pekerja swasta di kabupaten ini bisa mendapatkan libur dari perusahaan tempatnya bekerja dan bisa ikut berpartisipasi dalam pemilihan nanti. “Ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan partisipasi pemilih di daerah kita ini,” katanya.(metro7/humpro-batola)