Desa Membangun Negeri
Senin, 28 Sep 2020 09:24 WIB

Deklarasi Petisi Rakyat Papua di Maybrat, Tolak Otsus Jilid II

Reporter :  Engel Semunya - Kota Sorong, Papua Barat
Editor :  M Khairil Ismitullah

MAYBRAT, metro7.co.id — Deklarasi Petisi rakyat Papua di Maybrat tolak Otsus Jilid II dipusatkan di Kampung Kamat Distrik Aifat Timur Tengah Sabtu (26/9). Menuntut Pemerintah Indonesia segera memberi hak penentuan nasib sendiri bagi Papua.

Pantauan media ini, deklarasi petisi penolakan Otsus Jilid II yang dimulai pukul 15.00-17 wit yang dipimpin Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Maybrat dan dukung dan berbagai organisasi gerakan, komponen agama, adat, perempuan dan mahasiswa yang bergantian menyampaikan orasi politik dengan yel-yel “Tolak Otsus” dan “Papua Merdeka”. Masa yang hadir sekitar 500 lebih orang yang datang dari berbagai wilayah di Maybrat dengan membawa spanduk yang bertuliskan Otsus No Referendum Yes, Indonesia Stop perpanjang Otsus Jilid II itu bukan solusi bagi rakyat Papua, kami rakyat Maybrat 100 persen tolak Otsus jilid II dan lainnya.

Deklarasi petisi penolakan Otsus jilid II di kampung Kamat berjalan aman dan lancar dikawal 6 anggota Intel Polres Sorong Selatan sampai selesai.

Sekretaris KNPB Wilayah Maybrat, Yosep Kamat mengatakan petisi berhasil ditandatangani rakyat Papua di Maybrat sebanyak 3.925 orang dari empat wilayah besar yaitu suku Tehit, Imeko, Moskona dan suku Maybrat untuk penolakan Otsus Jiid II yang dilaksanakan mulai dari tanggal 26 Juli -5 September 2020 dalam bentuk dukungan itu datang dari rakyat Papua di wilayah suku besar itu secara individu, organisasi dan lembaga-lemabaga sosial, kepala-kepala kampung dan kepala distrik atas nama rakyatnya.

Halaman: 1 2 3

CLOSE