Desa Binawara Dicanangkan menjadi Kampung Tangguh Banua Covid-19

Reporter : Koran Metro7 - Dibaca : 95 kali

TANAH BUMBU, metro7.co.id – Guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19,  di masa penormalan baru atau New Normal, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu sedang mencanangkan sejumlah Desa sebagai kampung tangguh banua Covid-19.

Kampung Tangguh Banua Covid-19, akan Memiliki program yang sesuai dengan protokol kesehatan, sehingga diharapkan, pencegahan penyebaran Covid-19 dapat tetap berjalan maksimal meski di masa New Normal.

Kampung tangguh banua Covid-19 merupakan program Kementerian Dalam Negeri melalui pemerintah daerah yang bersinergi dengan TNI dan Polri dalam hal penanganan dan pencegahan Covid-19 dan kemandirian desa dalam menghadapi pandemik Covid-19.

Untuk saat Ini, sebuah Desa bernama Binawara di Kecamatan Kusan Hulu, Kabupaten Tanah Bumbu, dijadikan sebagai Pilot Projecknya.

Bupati Tanah Bumbu melalui Kepala Dinas PMD Nahrul Fajeri menjelaskan, kampung tangguh banua Covid-19 merupakan langkah pemerintah daerah dalam menekan dan mencegah penyebaran virus mematikan tersebut.

Baca Juga :  Bantu Trail untuk Tunjang Operasional Kerja

“Desa Binawara ini adalah satunya desa kampung tangguh banua Covid-19 yang mewakili dari 21 desa di kecamatan kusan hulu, mari kita mulai menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehingga kita dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” pinta Bupati.

Dalam satu kesempatan Kapolres Tanah Bumbu, AKBP Sugianto Marweki, dalam sambutannya mengatakan sudah berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19, diantaranya yaitu dengan di canangkannya kampung tangguh banua.

“Perlu dilakukan upaya bersama dari kita semua dalam membangun kemandirian untuk mencegah penyebaran Covid-19, itulah fungsinya kita mencanangkan di kampung tangguh ini,” ujar Kapolres.

Baca Juga :  Bagi APD, Bank Kalsel Dukung Aksi Sosial LAPOR PAMAN

Komandan Kodim 1022/TNB, Letkol Czi Bintarto Joko Yulianto juga mengatakan untuk pencegahan perlu di mulai dari diri sendiri dan keluarga sama halnya dengan RT dan Desa.

“Mari kita cegah penyebaran Covid-19 ini dengan semangat,” ujar Dandim.

Pencanangan Desa Binawara Ini sebagai Pilot Projeck Kampung Tangguh Banua Covid-19 kali ini di pimpin oleh Kapolres Tanbu, AKBP Sugianto Marweki, bersama Dandim 1022/Tanah Bumbu Letkol Czi Bintarto Joko Yulianto.

Kepala Dinas Pemberdayaan Desa dan Masyarakat, Nahrul Fajeri dan Ketua Penggerak PKK Tanbu, Hajjah Sadariah, yang penyambutan ditandai dengan pengalungan bunga dan diiringi hadrah serta dilanjutkan dengan penandatanganan. ***

Reporter : Muhammad Khairil Ansyari / Tanah Bumbu – Kalimantan Selatan.

Share :