Koran Metro7 Online

Desa Bungai Jaya Menang Lomba Perpustakaan, akan Maju ke Tingkat Nasional

KUALAKAPUAS, metro7.co.id – Perpustakaan Desa Bungai Jaya, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas ditetapkan sebagai pemenang mengikuti Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Kabupaten Kapuas, di aula Disarpustaka Kabupaten Kapuas, Kalteng. Kamis (15/4/2021). Mengingat sebelumnya dari hasil penilaian Tim Juri Lomba Perpustakaan Desa, mereka meraih Juara Pertama.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas, Komari SE saat dikonfirmasi media ini, mengatakan setelah ditetapkan saat ini perpustakaan desa Bungai Jaya tersebut akan melakukan persiapan untuk mengikuti lomba tingkat nasional yang akan dinilai oleh Tim Juri dari Perpusnas RI, adapun yang mengikuti lomba yakni tiga (3) desa : Desa Bungai Jaya, Maluen, Pulau Telo Lama.

Terkait kriteria penilaian, Kadis Disarpustaka menyampaikan bahwa Tim Juri menilai berkas yang diterima dilanjutkan dengan mengunjungi langsung ke perpustakaan desa dengan menilai bagaimana pengelolaan perpustakaan, jumlah buku yang tersedia di perpustakaan serta apa saja judul buku yang ada, bangunan perpustakaan dan sirkulasi buku di perpustakaan desa.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Bungai Jaya, Kadiman menyampaikan ucapan terima kasih bahwa terpilihnya desa Bungai Jaya sebagai pemenang Lomba Perpustakaan Desa dengan mendapatkan Sertifikat, Tropi dan Uang Pembinaan.

“Kami Selaku Pemdes Bungai Jaya dapat lebih giat lagi memperbaiki kekurangan sehingga Perpusdes Bungai Jaya semakin berkembang dan dapat memberikan manfaat yang besar bagi para masyarakat,” tutur Kadiman.

Kadis Disarpustaka menambahkan, Sedangkan bagi Perpustakaan Desa yang belum Juara agar tetap semangat dan terus meningkatkan pelayanan Perpustakaan Desa agar lebih baik lagi dengan pembinaan dari Perpustakaan Kabupaten.

“Hal ini ditekankan bahwa perpustakaan desa telah bertranformasi berbasis inklusi sosial sebagai tempat belajar dan berkegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,” pungkasnya.[]