MALAKA, Metro7.co.id – Pemerintah Desa Naas, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka, kembali mengucurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) lewat Dana Desa tahap kedua bulan keempat tahun 2020, Selasa (08/09/2020) siang.

“Hari ini kita dari pemdes Naas kembali membagikan BLT kepada bapak mama untuk ke empat kalinya. sehingga meskipun nilainya kecil namun bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan pokok dalam rumah tangga dampak dari pandemi covid-19,” kata Maria Yosefina Koen, Pejabat Desa Naas, dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan penyaluran BLT kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Dalam anggaran Tahun 2020, semua bentuk rencana program fisik yang ada di desa, dialihkan ke Bantuan Langsung Tunai. Itu dikhususkan kepada masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan koordinator tenaga ahli P3MD kabupaten malaka Daniel Mahodim. Ditambahkannya, 127 Desa di Kabupaten Malaka harus menahan diri untuk kegiatan lainnya. Setelah covid-19 mereda, Kepala Desa baru boleh melakukan pembangunan fisik seperti jalan atau lainnya.

“Bapak mama yang selama ini menerima bantuan langsung tunai, sudah tersimpan di sistem dan juga sudah di ketahui oleh bapak presiden jokowi. Mulai dari tahap satu dengan nominal 600 ribu perbulan sampai dengan tahap kedua bulan keempat ini, walaupun nilainya berubah menjadi 300 ribu. Namun jika diakumulasikan sampai dengan bulan 5 dan 6 berjumlah 2.700 ribu rupiah,” ujar Daniel.

Sementara itu, Camat Malaka Barat yang diwakili Kepala Seksi Pembangunan Desa, Fridon AO Rua, mengingatkan agar bantuan yang diberikan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh penerima. Selain itu, ia juga mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Meskipun kita di Kabupaten Malaka masuk dalam zona hijau, akan tetapi perlu kita waspadai dengan mematuhi protokol kesehatan covid-19 seperti pakai masker, jaga jarak, dan selalu cuci tangan,” katanya.***