TAMIANG LAYANG, metro7.co.id – Pemerintah Kabupaten Barito Timur menggelar Upacara Peringatan Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia di halaman kantor Bupati Barito Timur, Senin 17 Agustus 2020.

Upacara Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia tahun ini dilaksanakan secara berbeda dibandingkan tahun sebelumnya karena adanya pandemi Covid-19.

Upacara Peringatan Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia dipimpin langsung oleh Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas dengan menerapkan protokol kesehatan.

Bupati mengatakan, walaupun di tengah pandemi Covid-19 upacara Peringatan Kemerdekaan Indonesia yang dilaksanakan semakin khidmat.

“Dengan pembatasan personil yang mengikuti upacara kemerdekaan, justru upacara peringatan 17 Agustus semakin bermakna di tengah pandemi Covid-19,” tuturnya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya juga akan terus melakukan berbagai upaya untuk mengurangi penyebaran pandemi Covid-19.

Menurut Ampera, walaupun masa Pandemi COVID – 19, tapi tetap melaksanakan upacara penaikan dan penurunan bendera merah putih, namun peserta dibatasi untuk menerapkan protokol kesehatan, dan hal tersebut tidak mengurangi rasa khidmat HUT RI ke 75 tahun.

Di HUT RI ke 75, Bupati Ampera mengajak kepada semua  agar tetap semangat untuk melawan COVID – 19 dan dalam rangka pemulihan ekonomi, itu yang penting.

Menurutnya, Pemkab Bartim juga mengikuti  pelaksanaan upacara HUT RI ke 75 tahun di Jakarta yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo secara virtual bersama bersama FKPD dan OPD dirumah jabatan Bupati Bartim.

“Saya menghimbau kepada masyarakat  apabila tidak ada kepentingan agar jangan keluar rumah, saat keluar rumah agar memperhatikan dan mengikuti protokol kesehatan, gunakan masker saat keluar rumah, cuci tangan pakai sabun dengan menggunakan air yang mengalir dan menjaga jarak,” pintanya.

Dijelaskanya, dengan adanya normal baru atau New normal, semua pihak tetap melakukan kegiatan namun dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Walaupun normal baru, tetap harus memperhatikan protokol kesehatan disetiap kegiatan,” pungkasnya.

Upacara tersebut nampak dihadiri Ketua DPRD Bartim, Wakil Ketua DPRD Bartim, Wakil Bupati Bartim, Kapolres Bartim dan lainya. *