TAMIANG LAYANG, metro7.co.id – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 79, Tahun 2024, Pemerintah Kecamatan Pematang Karau, Kabupaten Barito Timur menggelar berbagai perlombaan.

“Banyak jenis lomba yang diperlombakan. Untuk sore ini lomba Volleyball,” kata Camat Pematang Karau, Setiamurni, saat dibincangi dikantornya, Selasa 6 Agustus 2024.

Camat menjelaskan, untuk lomba Volleyball ada dua kategori, yakni putra dan putri.

“Kalau lomba Volleyball putra juara satu Rp.3 juta, juara dua 2,5 juta dan juara tiga Rp .1,5 juta, sedangkan juara satu putri Rp.2,5 juta, juara dua Rp. 2 juta dan juara tiga 1,5 juta,” ungkapnya.

Dirinya mengungkapkan, selain lomba Volleyball, pihaknya juga mengadakan lomba gerak jalan, senam, membaca teks proklamasi, kelereng, lomba lari karung, memasuki paku ke botol dan membawa balon berpasangan.

Setiamurni mengatakan, diadakanya berbagai perlombaan ini merupakan untuk menumbuhkan semangat diri kita agar cinta tanah air. Karena menurutnya, kemerdekaan yang sudah payah diraih oleh pahlawan dan pejuang pejuang dahulu perlu kita ingat dan kita rayakan dengan perlombaan.

“Selain itu, tujuan lomba ini juga adalah untuk memperkuat silaturahmi sesama masyarakat disemua desa yang ada di kecamatan ini,” jelasnya.

Camat berkerudung ini menghimbau dan mengajak kepada seluruh masyarakat di wilayahnya  untuk dapat saling bahu-membahu dalam membangun Barito Timur, khususnya Pematang Karau dengan cara bergotong royong dan saling mengingatkan sesama masyarakat.

“Mari kita bangun bersama daerah ini dengan semangat juang yang tinggi seperti yang dilakukan oleh para leluhur kita sewaktu merebut kemerdekaan ini. Kita ciptakan kerukunan antar umat beragama, saling menghargai antar suku yang berbeda apapun itu kita adalah Indonesia,” pungkasnya. ***