Desa Siru “Gudang” Ternak di Kabupaten Manggarai Barat

Reporter : Robert Perkasa - Kab. Manggarai Barat – NTT - Dibaca : 30 kali

 

MANGGARAI BARAT, metro7.co.id –
Desa Siru, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur merupakan gudang ternak di Kabupaten Pariwisata Suoer Premium itu.

Rabu (15/7/2020), Kepala Desa Siru, Sumardi merilis data potensial ternak di
yang kini sedang digencarkan pengembangannya. Ia mengatakan, selain pertanian, desanya juga sangat potensial mengembangkan ternak.

Hal ini didukung minat masyarakat Desa Siru untuk beternak terus meningkat dari tahun ke tahun.

Menangkap peluang tersebut, Pemerintah Desa Siru menelurkan program pemberdayaan berbasis masyarakat yang bersumber dari Dana Desa tahun anggaran 2020. Program ini, kata Sumardi, dicanangkan guna memfasilitasi minat masyarakat beternak.

“Kondisi per Januari 2020, pemerintah Desa Siru memiliki hewan ternak Kambing 324 ekor, Babi 58 ekor, Sapi 319 ekor, dan Kerbau 178 ekor. Data tersebut jika di konversikan ke rupiah setara dengan Rp 2,5 milyar lebih”, ujar Sumardi.

Desa Ternak

Sumardi pun bertekad kuat menjadikan Desa Siru sebagai Desa Ternak di Kabupaten Manggarai Barat. Dusun Poco Ndoang dijadikan sebagai icon ternak atau Kampung Ternak.

“Kami berkomitmen menjadikan Desa Siru sebagai desa ternak. Dusun Poco Ndoang adalah iconnya,” ujar Sumardi optimis.

Dia jelaskan, sejak tahun lalu Pemerintah Desa Siru menggelontorkan bantuan ternak kambing untuk 79 peternak di Dusun Poco Ndoang. Bantuan ini bertahap sesuai kemampuan keuangan desa.

Sementara itu, tahun 2019 Pemdes Siru juga memberikan bantuan 68 ekor kambing untuk 34 KK dan tahun 2020 sebanyak 40 ekor untuk 20 KK. Sisanya 25 KK untuk tahun 2021.

Sumardi menambahkan, penyerahan bantuan ternak kepada warga didahului dengan pemeriksaan kesehatan ternak Puskeswan Lembor. Penyerahan bantuan ternak kambing ini disaksikan oleh Yusuf Hamju, Ketua BPD Desa Siru dan sejumlah perangkat Desa. ***

Share :