Desa Membangun Negeri
Rabu, 2 Sep 2020 21:08 WIB

Di Barsel, 89 Titik Panas Terpantau Sepanjang Delapan Bulan Terakhir

Reporter :  Angkala Tanguh - Kab. Barito Selatan, Kalimantan Tengah
Editor :  Zulfahmi Dhamiri

BUNTOK, metro7.co.id – Memasuki musim kemarau ini rawan kebakaran hutan dan lahan, terbukti dari peningkatan sangat signifikan titik panas pada bulan Agustus di Kabupaten Barito Selatan.

Hal itu disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Barsel, Alip Suraya kepada wartawan, Rabu siang 2 September 2020.

Alip Suraya menuturkan bahwa berdasarkan dari pantauan sepanjang delapan bulan terakhir terdapat 89 titik panas yang terpantau di wilayah Barito Selatan.

“Pada Agustus ini terjadi peningkatan yang sangat signifikan di daerah kita, ada 45 titik api yang terpantau,” tuturnya.

Dari jumlah titik api selama dari bulan Januari – Agustus yang berjumlah 89 dengan rincian sebagai berikut Januari 1 titik api, Februari 9 titik api, Maret 6 titik panas, April 7 titik api, Mei 7 titik api, Juni 6 titik api, Juli 8 titik api, sedangkan Agustus 45 titik api.

Terkait dari peningkatan titik api pada bulan Agustus, Pemerintah Kabupaten Barito Selatan menetapkan status siaga karhutla.

“Selama siaga Karhutla ditetapkan, masyarakat kita larang melakukan pembakaran hutan dalam bentuk dan alasan apapun,” ucap Kepala Pelaksana BPBD Alip Suraya.

Halaman: 1 2

 
CLOSE
block id 11401 site metro7.co.id1 - PC 800x220px 4x1_ Mob 414x400px 2x2