oleh

Diakui Pusat, Bupati Anang Raih Satyalancana Pembangunan dari Presiden

TANJUNG – Diantara dua Kabupaten di Kalimantan Selatan, salah satunya Pemkab Tabalong yang mendapatkan penghargaan sebagai kabupaten berkinerja terbaik dalan mendukung pembangunan serta peningkatan kualitas keluarga dan kependudukan dari Pemerintah Pusat.

Penghargaan atau tanda kehormatan Satyalancana Pembangunan Bidang Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dari Presiden Republik Indonesia itu disematkan langsung oleh Puan Maharani selaku Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia kepada Bupati H Anang Syakhfiani saat Peringatan Hari Keluarga Nasional di Banjarbaru, Sabtu, (6/7).

“Anugerah ini merupakan apresiasi kami dari Pemerintah Pusat atas jasa-jasa dalam memajukan program kependudukan keluarga berencana di daerah masing-masing,” kata Puan.

Saat wawancara, Bupati H Anang Syakhfiani mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras sehingga bisa mendapatkan tanda kehormatan Satyalancana Pembangunan Bidang Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) ini.

“Penghargaan ini hasil kerja bersama semua pihak. Apa yang saya terima hari ini merupak apresiasi pusat kepada daerah kita Kabupaten Tabalong,” katanya.

Menurut Anang, Tabalong memang layak mendapatkan anugerah satyalancana. Sebab, daerah ini sukses menjalankan program KB termasuk sudah melakukan penguatan kelembagaa dengan membentuk Dinas DP3AP2KB.

“Penghargaan ini juga akan menjadi motivasi kami untuk bisa bekerja lebih keras lagi,” imbuhnya.

Diketahui, sejak periode pertama kepemimpinan Bupati H Anang Syakhfiani yakni 2014 hingga sekarang diperiode kedua jabatan sebagai bupati sudah banyak capaian terkait program KB yang berhasil dilaksanakan.

Seperti dukungan penuh dalam pembentukan Kampung KB di 24 desa diseluruh Kecamatan. Juga penguatan kelembagaa Dinas khusus yang menangani KB. Juga dukungan insentif dari APBD untuk para relawan KB desa.

Fakta dilapangan juga dilihat dari peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang berhasil meraih peringkat ke tiga se Kalimantan Selatan. (metro7/amang via)