oleh

Dibantu Obat dan Petugas POPT, Dinas Pertanian Bartim Langsung Bangun Gudang

TAMIANG LAYANG – Dinas Pertanian kabupaten Barito Timur (Bartim) provinsi Kalteng bangun gudang untuk menyimpan obat pestisida disamping kantor setempat.

“Gudang tersebut untuk tanggap darurat hama. Ketika terjadi serangan hama di kebun maupun sawah petani, kita akan berikan obat yang ada digudang tersebut,” ujar Kepala Dinas Pertanian Bartim Riza Rahmadi, Senin.

Menurutnya, pembangunan gudang tersebut nantinya akan digunakan untuk menampung semua obat yang ada, mengingat tempat penyimpanan obat sekarang sudah tidak layak atau kurang memadai untuk digunakan sebagai penyimpanan obat.

Pihaknya pun berenesiatif membangun gudang yang baru.

“Dengan dibangunya gudang tersebut, kita merasa lebih aman karena tempat penyimpanan obat sudah standar keamananya,” ucapnya.

Ia menambahkan, untuk meningkatkan pelayanan dan meningkatkan produktivitas perkebunan maupun pertanian, pihaknya juga sudah mengusulkan ke Dinas Pertanian Provinsi Kalteng untuk sarana obat – obatan dan petugas pengamat tumbuhan.

“Dari tahun 2018 sampai sekarang alhamdulillah usulan kita sudah disetujui. Provinsi Kalteng sudah membantu obat beserta petugas pengendali organisme pengganggu tumbuhan (POPT),” jelasnya.

Ia menjelaskan, fungsi petugas POPT adalah untuk meneliti berbagai hama di kelompok tani. Apabila ada hama dipertanian, maka kelompok tani bisa melapor atau menyampaikannya kepada penyuluh atau petugas POPT.

“Setelah itu, kalau petugas POPT menyetujui, maka kita akan keluarkan obat tersebut dari gudang untuk diberikan kepada petani yang benar – benar sawahnya terkena penyakit hama,” pungkasnya. (metro7/budi)