Desa Membangun Negeri
Kamis, 29 Apr 2021 21:26 WIB

Didukung UNEP, OKI Antisipasi Karhutla Berbasis Klaster

Reporter :  Firmansyah - Kab.OKI Sumatera Selatan
Editor :  M Ali Nafiah Noor

KAYUAGUNG, metro7.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI), bersiap menghadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun 2021.

Pencegahan karhutla pada tahun ini difokuskan dengan skema klaster melalui tiga program, yakni pembinaan desa baik di dalam/sekitar kawasan konsesi, deteksi/peringatan dini, serta pemadaman dini oleh perusahaan pemegang konsesi.

Program ini mendapat dukungan penuh dari UNEP (United Nations Environment Program), lembaga PBB yang bertanggung jawab pada perbaikan tata kelola lingkungan secara internasional.

Pencegahan Karhutla melalui skema klaster mewajibkan pemilik konsesi menjalankan program pembinaan termasuk pembiayaan atas desa di dalam konsesi dan desa di dalam jarak 3 kilometer dari batas luar konsesi.

Selain itu, perusahaan yang ditunjuk sebagai klaster leader bertanggung jawab dalam koordinasi pembinaan desa-desa di ring-3 yang berjarak lebih dari 3 km dari batas wilayah konsesi.

“Polanya dengan keroyokan dimana perusahaan diwajibkan untuk menetapkan desa binaannya berdasarkan tiga peringkat desa, yakni desa ring-1, desa ring-2 dan desa ring-3,” ujar Kepala BPBD OKI, Listiadi Martin pada hybrid meeting yang digelar pada Kamis (29/4/2021) di Kayu Agung.

Halaman: 1 2 3

 
CLOSE
Lewat ke baris perkakas