oleh

Dimajukan, Wakil Bupati Bartim Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

TAMIANG LAYANG – Pemerintah Kabupaten Barito Timur (Bartim) menggelar upacara hari lahir pancasila tahun 2019 di halaman kantor Bupati setempat, Jum’at 31 Mei 2019.

Upacara yang dipimpin oleh Wakil Bupati Bartim Habib Said Abdul Saleh selaku pembina upacara tersebut mengambil tema “Kita Indonesia Kita Pancasila”.

Wakil Bupati Bartim Habib Said Abdul saleh mengatakan, sebenarnya hari lahir pancasila jatuh setiap tanggal 1 juni, namun pemda Bartim menggelar upacara lebih dulu.

Dalam amanat Kepala BPIP yang dibacakan Wakil Bupati Bartim menyampaikan bahwa peringatan hari lahir pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan. ” Piagam Jakarta” oleh “panitia kecil” tanggal 22 Juni dan pengesahan pancasila dalam pembukaan UU 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945.

“Jadi, 3 perestiwa penting tersebut merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat terpisahkan,” ungkap Wabub.

Dirinya menjelaskan, dengan demikian, diharapkan perdebatan tentang kelahiran pancasila sudah tidak diperlulan lagi. Yang diperlukan mulai saat ini adalah bagaimana semua mengamalkan dan mengamankan pancasila secara simultan dan terus menerus.

“Mari kita bersatu membangun bangsa untuk merelesiasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, adil dan damai dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila,” tandas Wakil Bupati Bartim. (metro7/budi).