Home / Paringin (Balangan)

Jumat, 10 Januari 2020 - 16:10 WIB

Diresmikan Bupati, Langgar Desa Teluk Bayur jadi Masjid Jami Al Jihad

Reporter : Koran Metro7 - Dibaca : 17 kali

PARINGIN – Bupati Balangan H Ansharuddin meresmikan Masjid Jami Al Jihad, Desa Teluk Bayur kecamatan Juai, Jumat (10/01).

Peresmian masjid ditandai dengan pembukaan tirai papan nama masjid dan pemukulan bedug. Selain dihadiri Bupati H Ansharuddin juga unsur Forkopimdan, Ketua MUI Balangan, Camat Juai dan sejumlah pejabat, serta jajaran panitia pembangunan Masjid Jami Al Jihad.

H Sabirin selaku Ketua Panitia pembangunan masjid melaporkan, Masjid Jami Al Jihad sebelumnya adalah langgar yang setelah selesai direhab dirubah statusnya menjadi masjid. Perubahan status dari langgar menjadi masjid merupakan aspirasi masyarakat, dan sudah mendapatkan rekomendasi dari MUI dan Kemenag Balangan.

Baca Juga :  Balangan Kembangkan Bibit Unggul Cempedak Nangka

“Pembangunan masjid menelan biaya sebesar Rp. 1,2 milyar, kami panitia pembangunan masjid masih mengharapkan bantuan dari pemkab Balangan,” katanya.

Bupati H Ansharuddin mengatakan ia bangga dengan masyarakat dan panitia pembangunan mesjid yang telah berupaya dengan kebersamaan, sehingga masjid ini bisa terbangun.

Ditambahkannya, sama dengan masjid masjid dilain tempat, Pemkab Balangan akan membantu pembayaran biaya listrik dan air bersih serta memberikan insentif kaum masjid.

“Dan untuk ini, kami dari pemkab pembantu dana sebesar Rp 50 juta,” ujar Ansharuddin.

Baca Juga :  PJ Bupati HM. Hawari Meninjau Lokasi Bendungan Pitap

Selain itu orang nomor satu di Balangan mengingatkan kepada seluruh mayarakat agar senantiasa meramaikan masjid baik dalam kegiatan sosial maupun dalam menumbuhkan semangat shalat berjemaah.

“Semoga tebangunnya masjid Jami Al Jihad ini memberikan semangat kepada masyarakat untuk terus menghadiri masjid ini guna kegiatan sosial agama dan semangat untuk beribadah 5 waktu,” imbuhnya.

Usai peresmian dilanjutkan dengan penyerahan SK Penetapan Perubahan Status dari Langgar Al Jihad menjadi Masjid Jami Al Jihad dari Kemenag Balangan. Kemuadian Shalat Jum’at perdana di Masjid Jami Al Jihad. (metro7/rel)

Share :