oleh

Ditengah Wabah Corona, DBD juga jadi Perhatian Lanal Kotabaru

-Kotabaru-363 views

KOTABARU – Ditengah merebaknya virus corona atau COVID – 19, Pangkalan TNI AL (Lanal) Kotabaru mendirikan posko, rumah karantina dan melakukan himbauan terhadap prajurit serta masyarakat agar mengurangi aktivitas di luar rumah.

Selain itu tetap juga mewaspadai penyakit demam berdarah (DBD) saat ini melanda.

Komandan Lanal Kotabaru, Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto, mengatakan perihal tersebut dilakukan sebagai bentuk untuk mewujudkan Lanal Kotabaru yang bersih dan sehat, juga bebas dari wabah penyakit apapun.

“Di lingkungan Lanal sendiri telah didirikan posko COVID-19, dimana setiap orang yang akan masuk kawasan Lanal akan melalui pintu tersebut dan disemprotkan cairan desinfektan,” kata dia kemarin.

Terlepas dari pencegahan COVID-19, Dwi menyebut, Lanal Kotabaru juga mengantisipasi atau mencegah berkembang biaknya jentik-jentik nyamuk yang dapat menimbulkan penyakit demam berdarah (DBD).

“Saya selaku Danlanal memerintahkan untuk melakukan pengasapan atau fogging dan sosialisasikan cara mencegah pertumbuhan nyamuk aedes aegypti,” ujarnya.

Kepala Balai Pengobatan (BP) Lanal Kotabaru, drg Arvian Mendrova, mengatakan pagi ini Balai Pengobatan memfogging seluruh kantor, rumah dan fasilitas umum yang ada di lingkungan Lanal Kotabaru,

Menurutnya pengasapan ini sebagai langkah Lanal Kotabaru sesuai perintah pimpinan TNI AL untuk menjaga kesehatan prajurit dan lingkungan.

“Langkah dalam mencegah perkembang biakannya jentik-jentik nyamuk aedes Aegypti juga sudah kita sosialisasikan kepada seluruh prajurit dan keluarga,” tukasnya. (metro7/syn)