oleh

DPRD Tanah Bumbu Sumpah Haris Fadilah yang Sebelumnya Tak Hadir Pelantikan

TANAH BUMBU -Ketua DPRD Tanah Bumbu, H Supiansyah memandu pengucapan sumpah dan janji oleh Haris Fadillah sebagai anggota DPRD Tanah Bumbu periode 2019-2024 pada Rapat Paripurna DPRD di ruang rapat paripurna, lantai 2, Rabu (22/01/2020).

Haris Fadillah berasal dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ia merupakan salah satu dari 35 anggota DPRD Tanah Bumbu yang terpilih dalam Pemilu 2019.

“Sebagaimana dimaklumi pada 26 agustus 2019 anggota DPRD periode 2019-2024 mengucap sumpah sebagai wakil rakyat. Maka seluruh anggota DPRD harus mengucap sumpah dan janji,” ucap Ketua DPRD Tanah Bumbu di ruang rapat paripurna, lantai 2.

Sumpah dan janji itu dilakukan berdasarkan UUD Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, PP No.12 Tahun 2018 Pasal 28 ayat 7 menyebutkan Anggota DPRD yang berhalangan mengucapkan sumpah janji bersama akan mengucapkan sumpah janji yang dipandu oleh pimpinan DPRD.

“Sebelum memangku jabatan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tanah Bumbu, Saudara wajib bersumpah atau berjanji menurut agama kepercayaan. Apakah saudara bersedia bersumpah atau berjanji menurut agama saudara?” kata H Supiansyah memulai memandu pengucapan sumpah janji.

H Supiansyah mengingatkan bahwa sumpah dan janji yang akan diucapkan itu mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan Negara RI. Tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan UUD NRI 1945.

“Sumpah atau janji ini adalah terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran. Saya harap saudara mengikuti lafal sumpah atau janji yang akan saya pandu,” ungkap H Supiansyah

Dia kemudian memandu pengucapan sumpah janji berdasarkan agama yang dianut oleh Haris Fadillah. 

Berikut isi sumpah dan janji anggota DPRD yang dipandu H Supiansyah, kemudian diikuti oleh Haris Fadillah.

“Bahwa saya  akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota DPRD dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD Negara Republik 1945. Bahwa  saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili, untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar H Supiansyah diikuti anggota DPRD Haris Fadillah.

Setelah itu, anggota DPRD yang mengucapkan sumpah dan janji menandatangani berita acara pengucapan sumpah dan janji. Kemudian dilanjutkan H Supiansyah menandatangani berita acara tersebut. 

Setelah rangkaian pengucapan sumpah janji selesai, Ketua DPRD Tanah Bumbu kembali menempati kursi pimpinan sidang paripurna.

H Supiansyah mengatakan semoga semua anggota DPR dapat menepati amanat yang diberikan rakyat. 

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Tanah Bumbu, H Ready Kambo dan Anggota DPRD sebanyak 34 anggota yang sudah dilantik terlebih dahulu. (metro7/khairil)