Desa Membangun Negeri
Rabu, 29 Okt 2014 07:26 WIB

DPRD Tapin Belajar Pilkades di Batola

Reporter :  Koran Metro7
Marabahan- Rombongan DPRD Kabupaten Tapin, khususnya Komisi I melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Jumat (17/10).
Kunker yang dipimpin Ketua Komisi I Hj Henny Marlina plus 5 anggota, dan Kepala BPMPD Tapin Yamanto beserta staf dan pendamping tersebut salah satunya dalam rangka melakukan studi banding berkenaan pemilihan kepala desa.
Kehadiran rombongan yang berjumlah 10 orang tersebut diterima Sekda kab Batola Ir H Supriyono, Kepala BPMD. Drs Dahlan, dan para staf di Aula Mufakat Pemerintah kabupaten Barito Kuala.
“Di hadapan rombongan DPRD Tapin Supriyono mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dipilihnya Kab Batola sebagai daerah kunjungan kerja mereka, karena terkait dengan pelaksanaan pemilihan kepada desa, menurut sekda, Batola sendiri juga dihadapkan dengan permasalahan yang sama. Dimana hingga 2015 mendatang terdapat 164 kades dari 195 desa dan 6 kelurahan yang telah dan akan mengakhiri masa jabatannya.
Dijelaskan Supriyono, sesuai Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa pasal 31 ayat 1 bahwa pemilihan kades akan dilaksanakan secara serentak di seluruh kabupaten/kota, Selanjutnya sebagaimana dimaksud ayat 1 pemerintah daerah kabupaten/kota menetapkan kebijakan pelaksanaan pilkades secara serentak dengan peraturan daerah.
Rencana tahapan pelaksanaan pilkades secara serentak di Kab Batola tahun 2015, sebut lelaki yang akrab disapa pak Pri itu, meliputi beberapa tahapan mulai dari sosialisasi pembentukan panitia pemilih, penyusunan rencana biaya pilkades, serta penyusunan tatip pilkades, pembentukan panwas, pendaftaran pemilih, penyusunan DPS, pengumuman DPS, penetapan DPT, pengumuman pendaftaran balon kades, dan pendaftaran balon.
Setelah melalui beberapa tahapan di atas baru dilakukan proses penelitian berkas calon, perbaikan berkas calon, penetapan dan pengumuman calon, tanggapan terhadap aduan, undian nomor urut calon, cetak surat suara, penyampaian surat undangan, kampanye dan minggu tenang, pemungutan suara, penetapan calon terpilih, dan usulan pengesahan calon terpilih.
Kunker DPRD Tapin ini juga diisi dengan dialog dengan para anggota Komisi I DPRD Tapin. (Humpro Batola/Metro7)

CLOSE