Koran Metro7 Online

DPRD TTU Belajar ke Tambak BUMDes Wederok Malaka

MALAKA, metro7.co.id – Tambak milik Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Wederok, Kecamatan Weliman, Kabupaten Malaka, menjadi lokasi pilihan studi banding Komisi I DPRD Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

DPRD TTU juga membawa serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten TTU dalam kunjungan pada Kamis (18/2/2021) itu. Agendanya tentang pengelolaan desa melalui BUMDes.

Ketua DPRD TTU, Hendrikus Bana, mengaku, dirinya bersama rombongan memilih lokasi tersebut karena ingin melihat dan mempelajari pemanfaatan yang dilakukan Desa Wederok. Untuk diketahui, wilayah Desa Wederok merupakan daerah persawahan. Namun, BUMDes-nya malah memanfaatkan dengan mengolah tambak ikan air tawar.

β€œIni tidak dimiliki BUMDes-BUMDes di Kabupaten TTU,” ujarnya.

Politisi Partai Nasdem itu mengaku akan memberikan edukasi dan motivasi kepada desa-desa di TTU untuk dapat mengelola potensi wilayah dengan membangun tambak ikan air tawar melalui BUMDes.

Dia mengharapkan, Pemerintah Desa Wederok untuk terus berinovasi dengan memanfaatkan potensi di wilayah sendiri. Sehingga, dapat meningkatkan pendapatan asli desa, sekaligus pendapatan daerah Kabupaten Malaka.[]