Desa Membangun Negeri
Jumat, 15 Okt 2021 09:30 WIB

Dubes RI untuk Malaysia : Perbatasan di Entikong Perlu Dibenahi 

Reporter :  Ariya Laksana Bima - Kab. Sanggau, Kalimantan Barat
Editor :  M Ali Nafiah Noor

ENTIKONG, metro7.co.id – Duta Besar RI untuk Malaysia Hermono berkunjung ke Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong usai melakukan pertemuan di Serawak Malaysia, Kamis (14/10/2021).

 

Tujuan Hermono ke Serawak sendiri untuk membahas berbagai isu kerja sama, termasuk masalah perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang ada di Negeri Jiran.

 

“Saya menggunakan kesempatan ini untuk melihat langsung mengenai perlintasan pekerja migran kita yang dari Malaysia maupun barangkali masuk ke Malaysia melalui jalur-jalur yang tidak resmi,” ujarnya.

 

Menurut Hermono, masalah tersebut saat ini cukup sensitif dan dianggap serius oleh Indonesia. Pemerintah tengah menyoroti penerapan protokol kesehatan di perbatasan.

 

Hermono mengatakan, pembenahan secara menyeluruh perlu dilakukan terkait perlindungan PMI di Malaysia. Dia menyebut, banyak terjadi pelanggaran terhadap hak-hak PMI di sana.

 

“Kepentingan kita adalah mengirimkan pekerja migran kita dan mereka terlindungi hak-haknya di negara penempatan dan juga mereka kesejahteraannya pun terjamin,” ujarnya.

 

Hermono juga melaporkan, Menteri Besar Serawak meminta masalah perbatasan pelintas barang dan jasa bisa lebih ditingkatkan. 

Halaman: 1 2

 
CLOSE
block id 11401 site metro7.co.id1 - PC 800x220px 4x1_ Mob 414x400px 2x2