Desa Membangun Negeri
Sabtu, 2 Okt 2021 22:26 WIB

Gagal Bangun Kabupaten Bangka Selama Tiga Tahun Terakhir, Begini Kritik Pedas Taufik Kepada Mulkan-Syahbudin

Reporter :  Yulian Andryanto - Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung
Editor :  M Ali Nafiah Noor

BANGKA BELITUNG, metro7.co.id — Tepat tiga tahun pemerintahan Mulkan-Syahbudin sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bangka Periode 2018-2023 pada 27 September 2021 kemarin turut disoroti oleh Taufik Koriyanto selaku Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Bangka.

Melalui keterangan tertulisnya pada Sabtu (02/10/2021) malam, Taufik mengatakan untuk menakar keberhasilan seorang pemimpin suatu daerah, khususnya di Kabupaten Bangka mesti dilihat dari berbagai indikator pencapaian target pembangunan yang didasarkan pada Peraturan Daerah Nomor 9 tahun 2018 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bangka Tahun 2019-2023.

Ia berpendapat bahwa setiap pembangunan suatu daerah wajib mengacu RPJMD yang sudah ditetapkan oleh para pemangku kebijakan di daerah tersebut.

Karena apabila pembangunan di suatu daerah telah keluar dari haluan RPJMD, lanjut Taufik, maka sudah bisa dipastikan kepala daerah telah gagal menjalankan kepemimpinannya selama satu periode.

“Di dalam RPJMD biasanya termuat gambaran umum suatu daerah telah menjabarkan terkait urusan-urusan wajib dan urusan-urusan pilihan dalam pembangunan daerah. Tentunya hal ini sejalan dengan UU tentang Pemerintah Daerah yang menyatakan pemerintah daerah harus mengutamakan urusan wajib dan urusan pilihan, mengingat RPJMD adalah rumusan program pembangunan daerah yang sifatnya prioritas dari sekumpulan program yang secara khusus berhubungan dengan janji-janji kampanye bupati terpilih,” ungkapnya.

Halaman: 1 2 3 4 5 6

 
CLOSE
block id 11401 site metro7.co.id1 - PC 800x220px 4x1_ Mob 414x400px 2x2