oleh

Gali Informasi Kelola Pinjaman Daerah, DPRD ke Paser Kaltim

-DPRD-3.666 views

TANJUNG – DPRD Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan dari komisi II dan Bagian Ekonomi Setda, Kamis tadi melakukan kunjungan kerja ke Pemkab Paser Kaltim.

Bertempat di ruang Wakil Bupati Paser, rombongan DPRD Tabalong diterima langsung Asisten Ekonomi Ina Rosana mewakili Bupati Paser.

Dalam kunjungan kerja tersebut, DPRD Kabupaten Tabalong yang dipimpin Langsung Ketua DPRD Tabalong H Darwin Awi bersama anggota DPRD Komisi II dan Kabag Ekonomi dan SDA Tabalong Husin Ansari.

Dalam sambutanya, Asisten Ekonomi Ina Rosana mengatakan, pertemuan ini juga bisa dimaknai sebagai de ja vu kedua daerah, dikarenakan lebih dari setengah abad silam Kabupaten Paser menjadi satu wilayah dengan Tabalong dalam wilayah Swatantra Kalimantan Selatan.

“Karena itu Paser dan Tabalong banyak memiliki sejarah yang sama dan bisa bekerja samadalam banyak hal untuk memajukan daerah baik secara bersama-sama, maupun secara sendiri-sendiri,” katanya.

Untuk mengingatkan kembali bahwa pada peringatan Ulang Tahun ke-59 Kabupetan Paser Desember 2018 lalu menurut Ina, telah dilaksanakan Penandatanganan Kesepakatan Bersama atau MoU antara Bupati Paser dengan Bupati Tabalong, yang dilanjutkan dengan Penandatangan Perjanjian Kerja Sama atau PKS antara kedua daerah di bidang Kesehatan dan Pariwisata oleh masing-masing Kepala Dinas.

“Meskipun Paser dan Tabalong memiliki kedekatan secara geografis, historis dan sosio-kultural, ada baiknya kami sampaikan sedikit informasi mengenai gambaran umum Kabupaten Paser. Saat ini Paser memiliki luas wilayah 11.603.94 km2 dengan 10 kecamatan dan 139 desa,” sebut Ina.

Sedangkan penduduk Kabupaten Paser lanjut Ina sebagaimana data pembangunan Kabupaten Paser bulan Desember 2018 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil 257.903 jiwa dengan kepadatan penduduk rata-rata 23.63 jiwa/km².

“Adapun sektor yang dominan mempengaruhi pertumbuhan perekonomian Kabupaten Paser yaitu sektor pertambangan dan galian dengan kontribusi 73,26% terhadap PDRB, dan yang kedua sektor perkebunan dan pertanian dengan kontribusi terhadap PDRB Kabupaten Paser,” jelasnya.

Dengan kehadiran jajaran DPRD Kabupaten Tabalong tambah mantan Kadis Perikanan dan Kelautan ini di Tana Paser, ada yang bisa diskusikan, ada inspirasi, ada proses pembelajaran dalam membangun lembaga legislatif dan eksekutif.

“Karena itu dalam menjalankan peran dan fungsinya dalam rangka memberikan kontribusi membangun daerah, kami belajar kepada Bapak DPRD Tabalong dan sekiranya juga bapak dapat memberikan pencerahan dan pengetahuan kepada kami dalam hal membangun masyarakat dan daerah,” katanya.

Kunjungan komisi II sendiri di fokuskan menggali informasi tentang pengelolaan pinjaman daerah. Dan untuk lebih memantapkn lagi informsi yang di sampikan pihak kabupaten paser pada pertemuan tersebut juga menghadirkan pimpinan Bank Kaltimtara. (metro7/reza)