Desa Membangun Negeri
Minggu, 24 Jan 2021 13:09 WIB

Gedung Fa Kiaw Menurut Warga Tionghoa Sekadau

Reporter :  Yahya Iskandar | Kab. Sekadau - Kalimantan Barat
Editor :  Zulfahmi Dhamiri

SEKADAU, metro7.co.id – Keberadaan masyarakat Tionghoa di Kota Sekadau memiliki cerita panjang, hal ini tergambar dengan berdirinya gedung bioskop di jalan Irian, Kota Sekadau. Meski dulunya ada dua bangunan sekolah yang didirikan, namun kini yang masih berdiri kokoh adalah gedung bioskop lama.

Menurut Nyau Khun Nen, salah seorang tokoh masyarakat Tionghoa pada tahun 1953 ada dua sekolah yang didirikan, yakni gedung bioskop sekarang dulu bernama Fa Kiaw, sedangkan yang satunya lagi adalah sekolah dengan nama Cung Hwa yang kini telah menjadi SD Negeri 21 Sungai Ringin.

“Untuk mendirikan sekolah Cung Hwa masyarakat Tionghoa pada saat itu secara swadaya mengumpulkan uang untuk membeli tanah. Dulu tanah itu banyak pohon karet, untuk membangun sekolah masyarakat memesan kayu dari Pontianak namun, sampai di Tayan tenggelam kapalnya. Kemudian masyarakat kembali memesan kayu dengan mengumpulkan dana swadaya dari masyarakat untuk mendirikan sekolah Cung Hwa,” tuturnya, Minggu (24/1).

Selain itu, di lokasi yang tak jauh juga berdiri gedung sekolah Fa Kiaw yang terkenal dengan nama gedung bioskop lama. Tanah itu, kata dia, pertama kali adalah milik Chang Liet Miau yang kemudian dibangun sekolah bagi masyarakat.

Halaman: 1 2 3

 
CLOSE
Lewat ke baris perkakas