Desa Membangun Negeri
Senin, 25 Jan 2021 20:05 WIB

Gedung SMK 1 Mamuju Dirobohkan Akibat Gempa, Warga Manfaatkan Sisa Reruntuhan

Reporter :  Ansar Arif SOfyan - Polewali Mandar, Sulawesi Barat
Editor :  M Ali Nafiah Noor

MAMUJU, metro7.co.id – Pasca gempa yang mengguncang Kabupaten Mamuju Dan Kabupaten Majene yang berkekuatan 6,2 M, membuat sejumlah bangunan mengalami rusak parah.

Salah satu bangunan yang mengalami rusak parah adalah gedung Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kabupaten Mamuju.

Akibat kerusakan parah pasca diguncang gempa, sejumlah bangunan sekolah tersebut terpaksa dirobohkan.

Pembongkaran bangunan sekolah yang terletak di Jalan Pattana Endeng, Kelurahan Rangas itu, dilakukan dengan mengerahkan alat berat.

Puluhan warga memanfaatkan mengambil sisa reruntuhan dari hasil pembongkaran. Berbekal alat seadanya seperti palu dan gergaji, mereka berlomba mengumpulkan atap dan balok yang masih bisa terpakai,

Salah seorang warga, Asram mengaku, sisa reruntuhan yang terkumpul akan dimanfaatkan untuk membangun hunian sementara yang lebih layak, setelah rumahnya hancur akibat gempa. “Untuk dipakai bikin rangka tenda, hunian sementara. Rumah memang tidak tumbang, tetapi banyak retaknya, sudak tidak layak pakai. Ada ketakutan dan kekhawatiran kalau ditempati lagi,” kata Asram kepada wartawan, Senin (25/01/2021).

Hal senada diungkapkan korban gempa lainnya Hasanuddin. Dia mengaku harus segera membangun hunian sementara agar dapat meninggalkan lokasi pengungsian. Apalagi selama di lokasi pengungsian yang berada di perbukitan, Hasanuddin mengaku jarang tersentuh bantuan.

Halaman: 1 2

 
CLOSE
Lewat ke baris perkakas