oleh

Gelar Diklat, Bandar Udara Gusti Sjamsir Alam Tingkatkan SDM Pegawai

-Kotabaru-386 views

KOTABARU – Menggandeng Politeknik Penerbangan Surabaya (Poltekbang) Surabaya, Bandar Udara Gusti Sjamsir Alam (GSA) Kotabaru Kembali menggelar pelatihan diklat pemberdayaan masyarakat (DPA) Dangerous Good Type A, Kamis (10/10).

Diklat gelombang ke-3 ini dihelat pihak bandara diikuti sebanyak 50 peserta, yang terdiri dari 25 peserta dalam satu kelas, selama 5 hari.

Wakil Direktur II Poltekbang Surabaya Wiwid Suryono, menjelaskan bahwa diklat Dangerous Type A adalah diklat materi tentang penanganan barang-barang berbahaya kepada penumpang yang akan berangkat, sementra type A adalah tipe manajerial atau tingkat yang lebih tinggi. Menurutnya ini penting dimiliki pegawai bandara.

“Semoga peserta yang mengikuti bisa lulus karena ini baru pertama kali dan berlisensi,” kata Wiwid Suryono kepada wartawan usai membuka diklat.

Diakui Wiwid salah satu kendala dihadapi peserta adalah terkait kurikulumnya yang menggunakan bahasa inggris.

“Memang pengantarnya bahasa Indonesia tapi materinya berbahsa inggris. Mudahan pegawai di bandara ini cukup memahami bahasa inggris,” imbuhnya.

Sementara Kepala Bandara GSA Ferdinan Nurdin menyatakan bahwa lisensi ini sangat dibutuhkan personil bandara sebagai payung hukum agar bisa bekerja sesuai ketentuan.

“Kepada peserta yang mengikuti diharapkan nanti bisa memahami terkait penanganan barang mana yang berbahaya mana yang tidak, ini demi keselamatan penerbangan,” pungkasnya.(metro7/syn).