oleh

Hindari Hoax Perpecahan, Kominfo Bartim Imbau Masyarakat Bijak Menggunakan Medsos

TAMIANG LAYANG – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kabupaten Barito Timur mengimbau kepada masyarakat agar bijak dalam memanfaatkan media sosial dan menjaga persatuan bangsa.

Pasalnya, ada banyak penyalahgunaan media sosial dengan cara menyebarkan hoaks dan mengakibatkan perpecahan dalam negara.

Menurut Plt Kabid pengelolaan informasi dan komunikasi publik, Ampiansyah, sebaiknya manfaatkanlah media sosial untuk hal yang bermanfaat, jangan digunakan untuk saling memfitnah, saling menjelek jelekan satu sama lain dan sebagainya.

“Hati-hati dalam menggunakan medsos, karena didalamnya banyak berita hoaks dan ujaran kebencian yang sangat berbahaya. Jangan salah menggunakan media sosial karena akibatnya bisa memecah negara,” ujarnya Selasa (8/10).

Berita hoaks, ujaran kebencian, adu domba dalam pandanganya memang marak beredar di media sosial. Maka dari itu, dirinya mengajak pengguna medsos agar bijak dalam bermedsos. Saring dulu informasinya sebelum disebarluaskan.

“Berita hoax dan ujaran kebencian sangat berbahaya dan tidak boleh kita sebarluaskan. Negara kita bisa hancur jika berita hoaks dan ujaran kebencian marak,” ujarnya.

Pada intinya, lanjut Ampi, Pergunakan waktu sebaik-baiknya dalam memanfaatkan media sosial untuk bergandengan-tangan menjalin kerjasama membangun bangsa, bukan sebagai instrumen untuk bertikai, saling menjelek-jelekkan, dan menyebar fitnah.

“Analisalah baik-baik pesan dan berita yang mengandung nuansa perpecahan dan adu domba, karena begitu banyaknya bertaburan hoax, fake news, dan hate speech di internet yang bertujuan merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa, bermasyarakat dan bernegara,” pungkasnya. (metro7/budi)