Desa Membangun Negeri
Sabtu, 4 Jan 2020 20:13 WIB

Gotong-royong Tanam Bambu di Banua Lawas, Tanggulangi Tanah Longsor Dibantaran Sungai

Reporter :  Koran Metro7

TANJUNG – Kondisi rawan tanah longsor disekitar bantaran sungai menjadi perhatian pihak Kecamatan Banua Lawas.

Sabtu (1/12/2020) Camat H Zainuddin beserta jajaran serta masyarakat langsung turun lapangan melakukan kerja gotong royong menanam ribuan bibit bambu disepanjang sungai di Banua Lawas.

Gotong royong yang melibatkan jajaran PNS Lingkup Kecamatan Banua Lawas, masyarakat ini juga melibatkan pihak Koramil dan Polsek setempat.

Sebanyak 1.169 bibit bambu yang ditanam di tiga Desa, yaitu dikawasan Desa Bangkiling, Desa Bangkiling Raya dan Desa Hapalah.

Disamping itu disiapkan juga sebanyak 106 bibit bambu untuk mengganti kalau ada bibit yang mati.

Camat Banua Lawas H.Zainuddin mengatakan tujuan kegiatan penanaman bibit-bibit bambu tersebut selain selain untuk mencegah terjadinya longsor di Kawasan sungai Banua Lawas, juga bambu-bambu yang nantinya tumbuh baik bisa dimanfaatkan warga sekitar untuk membuat kerajinan berupa anyaman seperti nyiru dan lainnya.

Apalagi warga Desa Bangkiling dan Desa Batang Banyu di Kecamatan Banua Lawas ini termasuk beberapa Desa lainnya terkenal dengan kerajinan menggunakan bahan baku dari bambu.

“Kita harapkan dengan penanaman bibit-bibit bambu ini selanjutnya bisa dipelihara oleh warga sekitar sehingga bisa tumbuh subur,” katanya. (metro7/via).

CLOSE