oleh

Didukung Pemprov, Gunung Mamake Bakal jadi Tempat Wisata Paralayang Andalan Kalsel

-Kotabaru-970 views

KOTABARU – Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan, Hanif Faisol Nurofik mengaku terpesona dengan keindahan alam saat berada di puncak Gunung Mamake, berlokasi di desa Tirawan, kecamatan Pulau Laut Utara, Kotabaru, Sabtu (17/8).

Diakui Hanif, destinasi wisata Gunung Mamake tak kalah dengan wisata lain yang terdapat di Kalsel.

Menurutnya pemandangan disini sangat indah, apalagi letaknya di tengah kota serta tidak jauh dari Pantai Gedambaan, sehingga sangat gampang untuk menjual wisatanya.

“Ini harus dikelola secara internasional, baik dari segi persampahan, tata air, desain bangunan, sehingga dapat lebih mempercantik gunung mamake ini,” ujarnya

Hanif berujar pihaknya bersama dengan Pemkab kedepan akan mengembangkan olahraga paralayang di wisata Gunung Mamake. Ia juga berencana mengundang Asosiasi Paralayang Indonesia ke Gunung Mamake untuk mendesain tata letak dan mengembangkan olahraga paralayang.

“Disini sangat tepat untuk olahraga paralayang dan nantinya akan menjadi satu-satunya tempat wisata yang mempunyai paralayang di Kalsel. Insya Allah 2020 Pemprov Kalsel akan mendukung penuh Gunung Mamake untuk menjadi destinasi wisata yang utuh dan baru,” tegas Hanif.

Disinggung mengenai status Gunung Mamake, Hanif menjelaskan Gunung Mamake merupakan hutan lindung, tetapi sudah diberikan hak pengelolaan dalam bentuk hutan kemasyarakatan kepada masyarakat disini.

“Pemanfaatan wisata ini terbatas sehingga tidak mengganggu hutan lindungnya. Kita akan membuktikan ternyata memandang pohon itu akan menghasilkan banyak uang dari pada menebang pohon,” imbuhnya.

Sementara Bupati Kotabaru H Sayed Jafar menambahkan bahwa geografis Kotabaru sangat indah karena ada gunung, laut serta pulau.

“Ini harus kita tingkatkan untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke daerah kita,” ujarnya.

Mengingat saat ini seluruh Kabupaten/kota terus berlomba-lomba memasarkan keindahan daerahnya masing-masing.

“Alhamdulillah wisata Gunung Mamake ini mendapat dukungan penuh dari provinsi untuk terus dikembangkan,” ujarnya.

Usai menjenguk puncak Mamake, Bupati beserta Kadishut juga mengunjungi pengolahan gula aren yang dikelola oleh masyarakat sekitar. (metro7/syn/rel).