Desa Membangun Negeri
Sabtu, 8 Mei 2021 13:59 WIB

Hai Calon Ibu, Pelajarilah Apa Itu ASI Agar Tak Menyesal Di Kemudian Hari

Reporter :  Koran Metro7
Editor :  Ismitullah

Oleh : Qori Sulistyowati, Ibu Rumah Tangga Kabupaten Tabalong

Sekitar kurang lebih tiga bulan lagi tepatnya setiap tanggal 1-7 Agustus dunia internasional memperingati World Breastfeeding week atau pekan menyusui sedunia yang merupakan cara organisasi kesehatan dunia atau WHO dalam memberi dukungan kepada ibu menyusui di seluruh dunia.

Air Susu Ibu (ASI) merupakan awal terbaik dalam kehidupan setiap bayi. Manfaat memberikan ASI kepada bayi selain dari segi kesehatan dan nutrisi juga dari emosional ibu dan anak yang terjalin sehingga benar jika dengan memberikan ASI para ibu mampu menyelamatkan anak.

Hampir semua orang di Indonesia familiar ketika mendengar kata ASI. Tetapi masih belum terlalu banyak yang mengetahui secara detail mengenai ASI. Pengetahuan mengenai ASI sebaiknya dipelajari justru sebelum hamil. Dan tidak hanya perempuan, kaum laki-laki sebagai calon bapak juga perlu memgetahuinya, sehingga dapat memberikan dukungan yang tepat dibutuhkan oleh istri ketika sudah menjadi ibu pada masa mengASIhi.

ASI memiliki banyak sekali manfaat bagi anak, sehingga WHO sejak tahun 2002 merekomendasikan pemberian ASI eksklusif kepada bayi sejak lahir sampai berusia enam bulan. Selama masa ini bayi hanya diperbolehkan mengkonsumsi ASI. Salah satu fakta penting paling mendasar dari banyaknya fakta penting lainnya mengenai ASI bahwa benchmarking nutrisi lengkap, cukup dan seimbang adalah ASI merupakan komposisi terbaik untuk perkembangan otak bayi hal ini dikemukan oleh prof. Damayanti seorang guru besar FKUI-RSCM bidang nutrisi dan penyakit metabolik anak.

Halaman: 1 2 3

 
CLOSE
Lewat ke baris perkakas