Desa Membangun Negeri
Rabu, 18 Agu 2021 17:54 WIB

Hal Unik Warga Rek”kerrek Dapat Kerang

Reporter :  Zainuddin - Kab. Sampang, Jawa Timur
Editor :  Koran Metro7

 

SAMPANG, metro7.co.id – Disore hari masih menyinarkan teriknya saat puluhan warga Pesisir Pantai atau pun dari pelosok yang jauh dari bibir pantai Camplong Kabupaten Sampang pun bertaburan di pantai. Seolah tak menghiraukan kulitnya yang lebam terbakar, pria, wanita dan anak-anak mulai menyisir dasar laut yang berubah menjadi daratan lantaran airnya surut. Modalnya hanya sebuah ember dan pengungkit besi mirip obeng. Untuk melindungi tapak kaki dari tajamnya karang mereka mengenakan sandal maupun sepatu karet. Rabu (18/08/2021).

Masyarakat yang tinggal dipesisir pantai banyak cara untuk memanfatkan fenomina alam seperti surutnya air laut untuk melakukan aktivitas mencari kerang dan berbagai aktivitas lain yang bisa dilakukan pada saat itu, tidak hanya bagi orang tua, para remaja maupun anak-anak tidak akan tinggal diam jika kejadian alam itu sedang terjadi.

“Demi menjaga dan tidak merusak pantai, masyarakat bila mencari kerang banyak cara, tapi apa yang dilakukan masyarakat pesisir pantai Camplong Kabupaten Sampang yang unik yaitu Rek”kerek dapat kerang yaitu kulit kerang diadu atau digesek gesekkan sapai berbunyi rek”Kerrek barulah kerang bermuculan dan harus ada keahlian khusus untuk itu harus jeli dan teliti,” kata pencari kerang Nurul.

Halaman: 1 2

 
CLOSE
block id 11401 site metro7.co.id1 - PC 800x220px 4x1_ Mob 414x400px 2x2