Desa Membangun Negeri
Minggu, 17 Okt 2021 20:34 WIB

Halua Kenari Kepulauan Sula Punya Ciri Khas yang Unik Dibandingkan Daerah Lain

Reporter :  La Ode Hizrat Kasim - Kab. Kepulauan Sula, Maluku Utara
Editor :  Zulfahmi Dhamiri

 

SULA, metro7.co.id – Buah kenari telah lama dikenal sebagai bahan untuk membuat makanan. Buah kenari yang memiliki nama ilmiah Canarium indicum dan nama ilmiah dari pohon Canarium Ovatum yang juga merupakan tanaman khas suatu daerah Maluku dan Maluku Utara.

Pohon Kenari, yang memiliki ketinggian mencapai 40 meter dan diameter 100 ini tersebar di berbagai belahan dunia seperti di daerah tropis Afrika, Asia Tenggara, Australia, dan lainnya. Di Indonesia sendiri, pohon kenari kebanyakan tumbuh di daerah Indonesia Timur.

Salah satu Daerah yang banyak menghasilkan tanaman kenari ialah di Provinsi Maluku Utara Kabupaten Kepulauan Sula khususnya Desa Wailau Kecamatan Sanana. Dengan hasil produksi buah kenari yang melimpah, masyarakat Kabupaten Kepulauan Sula Khususnya Desa Wailau mempunyai Cara unik untuk mengolah Buah kenari menjadi jenis makanan, misalnya Halua Kenari, Cemilan saat ngopi, Sambal Kenari, kuah kuning kanari bahkan Kulit cangkangnya di gunakan untuk perawatan kulit serta pengobatan Penyakit kulit.

Di temui media Media ini, Saina Umasugi seorang anak perempuan dari Abdula Umasugi dan Sahnuru Palembang memiliki kreatif yang berbeda dengan perempuan – perempuan lainya di Kepulauan Sula. Kegiatan rumahan yang ia lakukan di sela – sela kesibukanya, dirinya juga sebagai Pembuat dan Penjual Halua Kenari yang begitu gurih dan garing.

Halaman: 1 2 3

 
CLOSE
block id 11401 site metro7.co.id1 - PC 800x220px 4x1_ Mob 414x400px 2x2