oleh

Hanya 10 Detik untuk Memilih Kepala Desa Melalui E-Voting, Tabalong Sukses Buat Inovasi

TANJUNG – E-Voting merupakan salah satu inovasi dari Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Tabalong untuk mendukung Program Smart City.

Terdiri dari 57 Desa yang melaksanakan Pilkades, 3 diantaranya sudah menggunakan E-voting yakni di Desa Kambitin Raya, Tanta dan Kasiau.

Terpilihnya Kabupaten Tabalong sebagai Smart City menjadi kebanggaan tersendiri, terlebih penggunaan E-voting yang memudahkan masyarakat dengan waktu singkat.

Tidak dengan waktu lama proses pemilihan Kepala Desa menggunakan E-voting terbantu dengan cepat. Pemilih lansia dengan mudah mengenali wajah dan nama Kepala Desa yang akan ia pilih.

“Hanya 20 detik, masyarakat sudah selesai dalam pemilihan Kepala Desa, praktis dan mudah. Tidak menunggu dan memakan waktu lama,” tutur Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government, Ilham Alfian Noor.

20 detik yang menjadi itu merupakan untuk masyarakat yang kurang mengerti teknologi, sedangkan bagi masyarakat yang mengerti akan memerlukan waktu sekitar 10 detik.

E-Voting yang dilakukan beberapa waktu lalu merupakan E-Voting yang pertama di Indonesia dengan kabupaten yang mengembangkan dan menciptakan sendiri alat aplikasi sistem E-Voting. (metro7/mc)