Desa Membangun Negeri
Rabu, 10 Feb 2021 18:26 WIB

Hapus Kesenjangan Digital, OKI Inisiasi Desa Internet Mandiri

Reporter :  Firmansyah - Kab.OKI Sumatera Selatan
Editor :  M Ali Nafiah Noor

KAYUAGUNG, metro7.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika mendorong pemberdayaan desa di wilayah ini dalam menyediakan akses teknologi informasi, termasuk menggunakan internet berbiaya murah bagi warga pedesaan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKI, Alexander Bustomi melalui Sekretaris Dinas, Dodi Ariestanto mengatakan ketersediaan jaringan internet menjadi faktor penting membangun ekosistem digital di desa. Sebab, saat ini kondisi desa berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

“(Jaringan internet) ini yang kami kira sangat membantu dan mendukung supaya desa-desa kita yang tadinya tertinggal dan sangat tertinggal bisa lebih cepat, lebih maju, lebih berkembang dan bisa mendorong secara terus-menerus pertumbuhan ekonomi yang ada di desa,” ungkapnya saat menggelar Focus Group Discussion (FGD) Desa Internet Mandiri di Kecamatan Tanjung Lubuk, (10/2/2021).

Tantangan pemerataan layanan akses digital di Ogan Komering Ilir menurut Dodi, karena geografis wilayah serta terbatasnya peran pemda dalam penyediaan sarana dan prasarana pos dan telekomunikasi.

“Dan perlu diketahui bahwa Pemerintah Daerah tidak bisa membangunkan tower telekomunikasi untuk masyarakat karena itu merupakan ranah bisnis telekomunikasi. Namun, kita bisa menginisiasi dan mendorong provider untuk membangun itu dengan perhitungan dan pertimbangan bisnis mereka,” terangnya.

Halaman: 1 2 3

 
CLOSE
Lewat ke baris perkakas