oleh

Hari Bhyangkara, Bupati Bacakan Amanat Presiden Sedangkan Kapolres Amanat Kapolri

TAMIANG LAYANG – Polres Barito Timur Polda Kalteng gelar upacara hari Bhayangkara ke – 73 di halaman mako Polres setempat, Rabu (10/7) pagi.

Dalam pelaksanaan upacara HUT Bhayangkara ke-73 tahun 2019 tersebut, Bupati Bartim Ampera AY Mebas bertindak sebagai inspektur upacara.

Upacara Hari Bhayangkara ke 73 tersebut mengambil tema “Dengan Semangat Promoter, Pengabdian Polri Untuk Masyarakat, Bangsa dan Negara”,

Bupati Bartim selaku Inspektur Upacara membacakan Amanat Tertulis Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Dalam amanatnya, mewakili Presiden RI atas nama negara, pemerintah dan pribadi menyampaikan ucapan selamat HUT Bhayangkara ke 73.

Dengan menyampaikan rasa terima kasih dan memberikan penghargaan atas kerja keras pengabdian pengorbanan dan Perjuangan tanpa pernah mengenal lelah yang ditunjukkan personel Polri, dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum serta memberikan perlindungan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

“Dalam momentum yang baik ini marilah kita mendoakan para personel Polri yang gugur dalam tugas memelihara keamanan negara kita, Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala Tuhan yang Maha Kuasa memberikan balasan atas seluruh pengorbanan perjuangan dan pengabdian serta memberikan kesabaran dan kekuatan bagi keluarga yang ditinggalkan,” katanya.

Selanjutnya disampaikan bahwa kerja keras dan pengabdian polri telah dirasakan hasilnya oleh seluruh masyarakat Indonesia, situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik.

Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan internasional yang diselenggarakan pemerintah, yaitu Asian Games, Asian para games serta IMF World Bank Annual Meeting 2018. Polri dan TNI juga telah mengamankan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2018 dan pemilu tahun 2019 dengan Amandamai dan demokratis.

Sedangkan dalam pengelolaan organisasi Polri telah meningkatkan akuntabilitas dan transparansi laporan keuangan, sehingga Polri meraih opini wajar tanpa pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan selama 6 tahun berturut-turut.

Diakhir sambutan seragam dari Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo disampaikan beberapa intruksi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas diantaranya.

Pertama terus tingkatkan kualitas sumber daya manusia Polri, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin Kompleks serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045.

Kedua kedepankan strategis pemulihan proaktif dan tindakan Humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

Ketiga terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat serta konsisten dan berkelanjutan.

Keempat tingkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum yang profesional transparan dan berkeadilan.

Kelima perkuat koordinasi dan kerjasama dengan TNI, Kementerian, lembaga Pemerintah Daerah, serta masyarakat dalam memelihara keamanan dalam negeri.

Sementara itu, Kapolri dalam amanatnya sebagaimana dibacakan Kapolres Bartim AKBP Zulham Effendy, SIK MH menyatakan, lembaga kepolisian RI siap memperbaiki kinerja ke depan demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Kepolisian tetap membutuhkan kerjasama berbagai elemen bangsa ini demi menjaga suasana daerah dan bangsa ini tetap kondusif.

“Dengan demikian, pemerintah dapat menyelenggarakan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan berjalan aman dan lancar,” kata Kapolres.

Acara tersebut, nampak dihadiri Wakil Bupati Bartim, Kajari, Kepala Rutan Tamiang Layang, Sekda Bartim dan tamu undangan lainya. (metro7/budi).