oleh

Hasil Operasi Zebra Intan Tanah Bumbu, Wakapolres : Pelanggar Didominasi Umur 26-30 Tahun

BATULICIN – Giat Operasi Zebra Intan 2019 telah berakhir, Satlantas Polres Tanah Bumbu beserta seluruh jajaran selama 14 hari mulai dari tanggal 23 Oktober sampai 05 November 2019 telah menjalankan giat dengan tujuan untuk berupaya torehkan hasil yang maksimal, dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat di Bidang Kamseltibcar Lantas.

Diketahui sebelumnya, pelaksanaan Operasi Zebra Intan 2019 di Satlantas Polres Tanah Bumbu melibatkan personel dari seluruh satuan fungsi kepolisian, keseluruhan dibagi menjadi beberapa satuan tugas, antara lain dengan melakukan Pengaturan, Pengawalan, Penjagaan, serta Patroli.

Wakapolres Tanah Bumbu Kompol Arief Prasetya mengatakan, selama Operasi Zebra Intan 2019 ini telah berhasil melakukan penindakan pelanggar sebanyak 804 perkara tilang dan 110 perkara teguran.

“Jumlah tilang tahun ini turun dibandingkan dengan Operasi Zebra tahun 2018 lalu, yang mana berhasil melakukan penindakan sebanyak 804 perkara tilang dan 110 perkara teguran ,”ucap Wakapolres Tanah Bunbu Kompol Arief Prasetya saat didampingi Kasat Lantas Polres Tanah Bumbu Iptu G.M Angga Satrya Wibawa saat Komferensi Pers pada Rabu (6/11) di Lobby Satlantas Tanah Bumbu.

Lebih lanjut disampaikannya, bahwa barang bukti yang berhasil disita yaitu sebanyak 205 lembar SIM, 456 STNK dan 143 unit kendaraan .

“Dalam operasi zebra intan 2019 ini kita berhasil mengamankan barang bukti sebanyak 205 lembar SIM, 456 STNK dan 143 unit kendaraan,”ungkapnya.

Dari kendaraan yang melanggar dan ditilang tersebut, kendaraan jenis sepeda motor yang terbanyak yaitu sebanyak 741 unit disusul mobil penumpang 41 unit dan mobil barang sebanyak 22 unit.

Untuk jenis pelanggaran pengendara roda dua didominasi oleh pelanggaran karena tidak memiliki surat-surat kendaraan lengkap sebanyak 570 perkara, yang tidak menggunakan helm SNI sebanyak 48 perkara, disusul dengan pelanggaran melawan arus yakni sebanyak 34 perkara serta untuk tingkat umur pelanggaran terbanyak usia 26-30 tahun berjumlah 278 orang.

“Untuk pelanggar didominasi usia 26-30 tahun,” katanya.

Selain penindakan berupa tilang dan teguran yang dilakukan oleh petugas, Operasi Zebra tahun ini untuk tingkat kecelakaan juga mengalami peningkatan penurunan.

Satlantas Polres Tanah Bumbu berhasil menekan angka kecelakaan lalu lintas sesuai dengan target Operasi Zebra Polres Tanah Bumbu. (metro7/khairil)